Resep Nasi Goreng Kimchi, Masakan ala Korea Paling Mudah!

By Meylisa Agustina - 1:38 AM


Assalamulaikuum syemuanya~

Akhir-akhir ini aku sering ngeras blog aku monoton banget. Isinya kalau ga produk review ya masih berhubungan sama beauty lah. Rasanya bosen banget nulis itu-itu aja. Nah sekarang akum au coba-coba buat nulis salah satu hal yang emang jadi hobi aku yaitu masak!

Dalam tajuk “Dimasakin Mey” aku bakalan share resep masakan versi aku beserta cerita dibaliknya. Kamu boleh tiru resep aku dan boleh juga share versi kalian lho! Inshaa Allah, kalau ga ada halangan aku mau share Dimasakin Mey ini sebulan dua kali ya. Maklum lah, kalau bikin foto step-step masakan kan aku butuh bantuan buat motretnya, jadi mesti bujukin adekku buat bantuin foto hehehe~

Nah, kali ini aku mau share salah satu masakan Korea paling gampang, yaitu nasi goreng kimchi!

Kenapa aku bilang paling gampang? Karena bahan yang korea-koreaan cuma dua, yaitu kimchi dan gochujang. Sebelumnya aku pernah share masakan Korea juga yaitu tteokpokki (bacanya topoki) dan masakannya menggunakan gochujang. Gochujang adalah pasta cabai dari Korea yang rasanya beda sama sambal-sambal dari Indonesia. Biasanya aku beli gochujang di supermarket Korea atau supermarket asing.


Well, masakan Korea yang merah-merah pedes gitu emang biasanya pake gochujang sih. Tekstur gochujang ini kental dan lengket. Jadi kalau kamu mau bikin masakan Korea tambah kental dan pedas, tambahin gochujang. Tapi kalau kamu Cuma mau tambah pedas (tidak tambah kental) cukup tambahin gochukaru (bubuk cabai Korea).

Balik ke bahasan Nasi Goreng Kimchi, "kimchi fried rice - kimchi bokkeumbap" adalah salah satu masakan rumahan yang populer di Korea. Kalau di drama-drama Korea, misal tokohnya lagi bokek pasti yang dimakan cuma nasi sama kimchi.

Buat temen-temen yang belum familiar dengan rasa kimchi, rasa kimchi JELAS BEDA sama asinan sayur versi Indonesia ya. Kimchi rasanya jauh lebih pedas dan masamnya kuat. Aku juga kurang suka kalau makan kimchi nya aja. Tapi kalau kimchi dibikin nasi goreng, atau kimchi ramyun baru deh aku suka.

Apa sih manfaat makan kimchi? Kimchi yang dikenal sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia, kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C. Makanya di Korea sana, kimchi adalah salah satu makanan diet paling sehat :)

Kebetulan aku lagi jalan-jalan di Hero Supermarket Pondok Indah Mall. Ga sengaja lihat deretan kimchi yang udah di pack aneka ukuran. Tetiba pengen banget makan nasi goreng kimchi gara-gara habis makan di Ojju, dan nasi gorengnya enaaak~

Terus karena emang lagi pengen nyobain masak-masak pakai kimchi, aku ambil ukuran paling kecil. Ini udah jadi kebiasaan aku banget, kalau mau coba makanan pasti belinya dikit dulu hehehe

Cuss langsung masak!



Bahan
Kimchi, potong kecil-kecil
1 sdt Gochujang
1 sdm Kecap asin (aku pakai merk lokal)
Nasi
2 sdm Tuna kalengan (boleh diganti ayam, daging, atau sosis)
1 sdt Minyak untuk menumis
4 lembar nori (aku pakai merk Mamasuka)

Caranya:
Campur gochujang dengan kecap asin di wadah terpisah.
Tumis kimchi dan tuna dengan minyak sampai kimchi agak mengering.
Masukkan campuran gochujang dan kecap asin, lalu masukkan nasi.
Kalau sudah tercampur rata, masukkan telur lalu aduk sampai telurnya matang
Terakhir, masukkan nori.
Setelah tekstur nori melembut, selesai~ Tinggal angkat dan sajikan deh.


Biasanya aku pakai tuna kalengan yang pakai minyak sayur (tuna in vegetable oil). Jadi pas menumis tuna, dimasukkin minyaknya satu sendok makan aja. Jadi karena udah ada minyak dari tuna, minyak kelapa sawitnya sedikit aja.

Oiya, karena kecap, tuna, kimchi dan norinya udah asin, biasanya aku ga pernah nambahin garam lagi.

Kalau dihitung-hitung, modal bikin kimchi fried rice ini hanya sekitar IDR 30.000 perporsi lho!

Nah, segini dulu ya cerita Dimasakin Mey-nya. Kalau kalian suka dengan tajuk baru ini, please kasih komentar ya! Sampai ketemu lagi~

Yuk ngobrol sama aku di:


  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

terimakasih banyak :)