Pengalaman Pertama USG Payudara

By Meylisa Agustina - 2:10 PM




#WARNING: This post contains lots of breast, toket, tete, payudara, dan kawan-kawannya. If you dont respect this as a HEALTH AWARENESS SHARING post, better you close this page.

Hello hello~ mungkin saya ga pernah cerita soal ini di blog, tapi duluuu banget saya pernah posting di instagram soal ini. Atau mungkin saya pernah cerita ke orang-orang terdekat. Atau mungkin saya pernah cerita ke kamu. Iya kamu, yang baca doang tapi ga pernah komen.

Mama saya meninggal akibat kanker payudara yang kemudian menyebar ke paru-paru serta tulangnya.
My mom was dead by breast cancer that spread to her lungs and ribs.


Iya beneran deh. Ciyus, enelan ta oon. (Serius, beneran ga boong).


Dan sebagai putrinya, besar kemungkinan saya bakal kena juga. How can I prevent to something in my blood? Kalo orang dulu mah ya, penyakit tuh suratan takdir. Ga bisa dihindari. Maka kalo sakit ya sakit aja. Kalo mati mah mati aja.


Hello... buat kamu yang punya penyakit keturunan, plis deh. Yang diturunin tuh nilai-nilai kehidupan serta etos moral dan beragama aja. Alhamdulillah kalo bisa nurunin harta warisan juga ye cyin.
TAPI KALO PENYAKIT? Iya sih keturunan, tapi menurut saya, itu semua bisa diminimalisir.


Misal kamu punya turunan obesitas atau diabetes. Bisa dikurangin makan gula dan diperbanyak olahraganya. Atau kamu keturunan kurus nan singset? Sok atuhlah makan yang banyak biar bahenol kayak Syahrini. Saya sih ga ada turunan obesitas. Cuma ini badan gede karena males gerak aja. Kalo liat kasur berasa liat cowo ganteng lagi godain gitu.. #daakumanatahaaann


Trus, bagaimana cara saya meminimalisir kemungkinan saya untuk kena kanker payudara?

Well, sejauh ini yang sudah saya lakukan adalah olahraga teratur, makan-makanan enak yummy sehat bergizi, dan tidak merokok. Yang paling susah menurut saya ya olahraga teratur itu. Soalnya ya saya kan pemales yah, kerjanya duduk doang depan laptop. Jadi kalo ga dicambuk ya ga bakal olahraga tuh.

Eyyyyy mau dong dicambuk sama Mr. Grey.. cambuk pake dollar tapi.... #cuekinaja


Yah well, mungkin kalo teman-teman liat saya kurusan, ya itu semua karena olahraga. Dan cambuk terbesar saya buat olahraga karena saya GA MAU kena kanker. Aamiin.


Dan beberapa bulan lalu, tepatnya bulan Januari 2015, saya sering ga nyaman sama payudara saya. Sometimes it’s pain and sore. Sakitnya tuh disini  :(

Saya ga ngerti ya, tiap akhir tahun-awal tahun tuh saya suka sakit aneh-aneh. Akhir 2012-awal2013 saya muntah-muntah gara-gara masuk angin pas tahun baruan. Desember 2013 sampe Maret 2014 saya patah kaki gara-gara pake high heels di rumah. Desember 2014 saya sakit hati. Januari 2015 saya sakit tete -__- kan geblek.

Akhirnya karena jiwa dan raga saya ga tenang, maka pergilah saya ke Yayasan Kanker Indonesia (YKI) di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Saya inget banget deh tuh, siang-siang mana gerimis, naik angkot ke arah Pd. Labu. Terus turun di Sekolah Bisnis Prasetyamulya. Dari situ nyebrang liwat jembatan. BOELAH! Jembatannya horor pisan euy. Ga kebayang itu kalo malem banyak begal kali ya.. Terus turun jembatan, masih harus jalan kaki cyin ke arah gedung Astra. Ada pengkolan, belok dah. Dari situ udah lumayan deket. Tanya aja ke satpam astra, YKI ada dimana gitu.

Nyampe sana daftar untuk konsultasi ke dokter. Saya bukannya drama ya... pas nunggu giliran konsultasi, saya lihat banyak perempuan disana. Ada yang harap-harap cemas, ada yang wajahnya sumringah bahagia, ada juga keluar ruangan dokter malah nangis tersedu-sedu. Serius. Saya makin takut. Gelisah geli geli basah. Deg-degan juga. Gimana kalo saya keluar ruangan dokter dengan tatapan berduka yang seolah meratapi nasib??

Pas dipanggil dokter, ALHAMDULILLAH DOKTERNYA PEREMPUAN... Nah, terus saya cerita deh tuh, nenek-bude-mama saya meninggal karena kanker payudara, trus keluhan payudara saya. Akhirnya sang dokter nyuruh saya boboan di apatuh namanya tempat bobo di dokter, terus suruh angkat baju dan bra nya.
Yampun dok kita mau ngapaiiinn~~


Saya sih mikirnya, periksa payudara di dokter itu metodenya sama kayak SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Yang periksanya cuma dipijit-pijit doang. Ternyata..... coba kamu bayangkan, gerakan tangan memutar persis DJ lagi mainin alat musik. Tapi gerakannya lebih cepat, menggunakan empat jari, diatas payudara. Aneh? Bingung? Sama saya juga.

Setelah saya kebingungan karena payudara saya diuwek-uwek, dokternya bilang: “Ada beberapa kelenjar keras di payudara kiri. Tapi, saya ga bisa pastikan itu apa. Untuk lebih jelasnya, saya sarankan untuk USG aja ya. Tindakan kamu sudah tepat karena mencegah dari awal.”. Rasanya nano-nano cyin. Gundah gulana galau nan merana.


Singkat cerita, kegalauan saya masih berlanjut sampai akhirnya tiba saatnya USG dua pekan kemudian. Well, ini pertama kalinya saya USG, jadi deg-degan kayak mau ketemu pacar. #padahaljomblo #kesian #cariinpacardong

USG nya menggunakan alat yang sama dengan USG kehamilan. Pertama-tama, payudara pasien diolesi dengan krim. Lalu dengan alat, payudara pasien difoto untuk melihat lapisan dalam payudara.

Hasilnya?
Alhamdulillah normal ga ada apa-apa ya Allah. Kata bu dokter, payudara saya nyeri mungkin karena hormon saya lagi ga stabil, atau mungkin karena saya sering galau . Intinya adalah everything is okay and no need to worry. Yang penting jaga kesehatan, olahraga, jangan merokok, dan periksa payudara setahun sekali.




Bicara tentang pencegahan kanker payudara, akhir-akhir iniu saya sering mikir buat masektomi payudara kayak Angelina Jolie aja. Haruskah saya? Bisakah saya?



Oh iya, untuk teman-teman yang mau deteksi kanker, bisa ke RS kanker Dharmais [WEB]. Menurut aku sih disini paling lengkap ya.. kamu bisa deteksi mulai dari kanker payudara sampai kanker usus besar. Detail biaya deteksinya bisa dilihat di [LINK]. Aku sendiri periksa di Yayasan Kanker Indonesia [WEB]. Sayang web mereka kurang detail. Jadi perihal biaya ini-itu bisa hubungin nomer kontak YKI di [LINK]

  • Share:

You Might Also Like

70 komentar

  1. aku juga punya riyawat keluarga seperti kamu,,,aku sempat alami nyeri di payudara dan hal yg wajar kalo aku ketakutan ,,akhirnya aku periksa usg payudara alhamdulillah hasilnya bagus dan disarankan utk rutin periksa setahun sekali,,btw mau tanya biaya periksa usg payudara di yki brp ya? kmrn aku periksa di biomedika kb jeruk sekitara 425 ribu

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu di YKI usg cuma 250-an mbaa :D

      Delete
    2. Mba mey mau nanya, kebetulan sy butuh rekomendasi utk pemeriksaan usg payudara jg. Sempet dengar kalau alat2 di yki sudah kuno apakah menurut mba mey spt itu? atau sudah cukup bagus utk pemeriksaan usg payudara ini? terima kasih

      Delete
    3. Mba mey mau nanya, kebetulan sy butuh rekomendasi utk pemeriksaan usg payudara jg. Sempet dengar kalau alat2 di yki sudah kuno apakah menurut mba mey spt itu? atau sudah cukup bagus utk pemeriksaan usg payudara ini? terima kasih

      Delete
    4. Halo mbak Anisa, aku sendiri baru periksa payudara di YKI (tahun 2014) dan di RS Syarif Hidayatullah (tahun 2015). Jadi hanya bisa membandingkan dari dua RS tersebut ya. Memang teknologi di RSSH jauh lebih bagus daripada di YKI, tentunya harganya jauh lebih mahal :)

      Delete
    5. ka mey, aku mau nanya, untuk ngejalanin USG nya langsung dihari itu juga atau besokkannya ka?

      Delete
    6. biasanya harus janjian dulu sama dokternya, baru nanti kesana lagi buat USG

      Delete
  2. Kalo di dharmais periksa usg kira2 brp ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya kalau di dharmais harganya variatif deh soalnya dia banyak paket pilihan detesi kankernya.. kayak kanker cervix, terus kanker usus.. coba cek websitenya dharmais aja yaaaa :D

      Delete
  3. Duh kak meylisa aku jd gakserius bacanya gara2 lucu baca cerita kakak ��. Aku sediri aja ngilu kak pegang2 sendiri kaya takut gitu. Apalagi di emek emek sm dokternya ya. Berasa sampe ketulang rasanya soalnya aku kurus. Hehe
    Aku sih ngerasa ada benjolan kecil di payudara aku kak tp aku takut kalo periksa. Gimana ya kak caranya? Aku takut klo emang bener2 ada penyakitnya. Naudzubillahimindzalik sih jangan sampe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik cepat diperiksa lho.. jadi biar kamu lebih aware sama kesehatanmu juga. Benjolan itu bukan berarti langsung kanker lho, bisa saja gumpalan otot atau lemak. Tapi kita bisa tau itu lemak/otot/kanker ya dari hasil periksa usg :)

      Delete
    2. Excuse me, ms.. Where we should go anyway? Poli kandungan atau rs khusus cancer? Thx

      Delete
    3. Excuse me, ms.. Where we should go anyway? Poli kandungan atau rs khusus cancer? Thx

      Delete
    4. hi Ilfa! Bisa tanta langsung ke RS, mau USG payudara. Udah gitu aja hehe :)

      Delete
  4. meyyy semangattt olahraga hehe *padahal sendirinya pemalas*, tapi yahh berdoa aja selalu gak pasti nurun kok itu.. sehat2 terus yaaa :*

    ReplyDelete
  5. haduhh jadi takut nih, saya sendiri juga males banget olahraga, bahkan kadang badan nyeri2 sendiri karena kurang gerak

    reflectionofflowrin.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Terimakasih infonya, Mba. Aku memang lagi butuh info ini.

    ReplyDelete
  7. aku juga punya riwayat keturunan kanker..tanteku meninggal karena kanker paru-paru dan tanteku ada yang tumor. Saya juga was-was kalo payudara sakit dan haid ga lancar..pernah minta periksa sama mama, kebetulan mamaku dokter umum cuma pas diperiksa kayak ga nyaman ya mbak bener kayak di ubek2..=_='' jadi kadang mau mikir ke dokter spesialis tuh gmanaa gitu..soalnya pas nyokap sendiri yang pegang aja udah ngerasa aneh deh wkwkwkkwkw..*mikir kalo dokternya cowo gmana cobaa..hehehe tp bener sih harus periksa sekali setahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Mona, terimakasih udah mau komen di blog ini ya :) Iya emang awalnya rasanya aneh. Tapi kalau ga diperiksain malah lebih takut lagi kan.... Sehat selalu ya mba!

      Delete
  8. Kemarin temen juga ada yang nyaranin ini nih buat usg payudara. Soalnya dia ada kista katanya. Jadi penting juga melakukan pemeriksaan dini kata dia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Levina :) semoga temanmu cepat sembuh ya, dan semoga Levina juga sehat selalu~

      Delete
  9. Hai mba.. waktu daftr konsulnya ke dr. Spesialis bedah atau langsung bilang mau di usg payudara?

    ReplyDelete
  10. Hai mba.. waktu daftr konsulnya ke dr. Spesialis bedah atau langsung bilang mau di usg payudara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Silvia, aku langsung aja daftar USG sih :)

      Delete
  11. kalo untuk skrang usg payudara kira' brapa ya ka ... ? karna waktu tahun 2012 payudara saya aring merah kaya brahma gtu .. udah gtuu bngkak payudara saya sprti ibu' mnyusui tapi gak mnyusui anak nya ... dan ada sprti mata bisul lalu kluar nanah ... dan 2016 kmrin pindah ke payudara kanan .. sudah stahun ini payudara kanan saya sring ada bnjolan dan kluar nanah .. kalau sudah gak kluar lagi bkasnya mnjadi lubang atau sbagian bolong di smping puting saya . itu kira' apaa yaa ka ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Puzpa, mungkin sekitar 300rb an di YKI. Baiknya kamu langsung ke dokter aja ya.. semoga cepat sembuh and goodluck

      Delete
    2. Info dong..sakit engga di mamograf teh? Kalau usg pernah.. mksh

      Delete
    3. mamogram aku belom pernah, jadi ga tau rasanya kayak gimana :( maaf ga bisa bantu ya

      Delete
  12. Mba mey, mau tnya Usg payudara di YKI ada batasan usianya ga? Saya khawatir sm benjolan yg disblh kiri, nyeri kdg..ohya mammografi itu apa aman jg utk usia dibwh 40thn? Saya msh 27thn, tp saya mau cek lbh dini ttg apa yg saya rasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba, setahu aku di YKI tidak ada batasan umur. Kalau mammografi mungkin sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokternya ya mba. Semoga sehat selalu :)

      Delete
  13. Hi kak Mey, aku Fei. aku mau tanya. Kakak dulu ketika periksa ke dokter berapa hari setelah masa haid? Lalu ketika dinyatakan normal, beberapa hari kemudian benjolannya masih ada tidak? soalnya aku juga ada benjolan kecil sekitar 3-4 cm, tapi tidak muncul ke permukaan, jadi baru kerasa kalau di teken atau di pegang gitu. Rasanya nyeri ngilu gitu (karena emang lagi masa haid juga sii). Kemarin sudah ke poli kebidanan, katanya kemungkinan tumor jinak, karena di pegang tidak bergerak dan keras. Lalu aku di suruh periksa lagi ke poli bedah umum setelah masa haid selesai. Pas baca artikel ini, aku juga berharap semoga saya normal2 saja (>_<)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya, kita TIDAK BOLEH USG saat 3 hari menjelang mens dan beberapa hari setelah mens. Soalnya masa sebelum dan sesudah mens hormon kita masih belum normal juga kan. Kemarin sih aku USG sekitar seminggu setelah mens aja :) Goodluck!

      Delete
  14. Aku juga sama bgtu kk. Memngnya klau kangker itu turunan ya kak? Ceritnya 3 buln yg lalu dlm keadaan kuliah ku tinggal skripsi dan itu kan otomtis gak ada kegiatn sma skli y kak. Nah aku dnger brta tntang kangker gtu kak. Shock lah aku. Awalnya mah bisa aja. Lama2 aku ketkutan juga. Ditmbh aku itu gak berani ke dokter. Tkut difonis apa2 gtu. Klo cmn skit biasa aja. Aku msh berni ke dokter. Kerjaanku cmn nangis sepnjang hri. Krna ketkutn yg berlebihn. Akhirnya 1 buln stlh itu. Saya vernikan diri sya ke dokter. Wktu itu hnya tes secra fisik saja sih. Dokternya bilng. Ini bgus kok. Gak knpa2. Oke lah aku udh seneng. Eh gak tau knapa. Tiba2 mncul lgi mslh sperti ini. Smpe saat ini. Nh dokter ku itu nyuruh aku untuk usg payudra. Biar kunya juga gak kepikirn. Nh skrg aku mau tnya. Usg payudra itu bhaya gak sih. Kan klo ronsen ktnya ada sel2 yg rusk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Novia, terimakasih sudah share komentarnya ya.. USG itu ga bahaya kok mba :)

      Delete
  15. Hallo mba, mau tanya dong, usg payudara dan mamography payudara itu sama atau tdk? Bbrp thn lalu sy di mamography di YKi dgn cara payudaranya ditekan dari bagian atas bawah, lalu difoto rontgen, lalu di tekan dari kanan kiri dan kembali di foto rontgen.
    Klu USG payudara yg mba dpt dr YKi, seperti apa mba pemeriksaannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Tya, terimakasih sudah mampir di blog saya. Proses pemeriksaannya sudah saya ceritakan dalam postingan ini mba.. silahkan baca dulu, baru komen lagi ya....

      Delete
  16. Saya akhir2 ini jg sering merasa gak nyaman dgn payudara saya yang kdg suka nyeri 😭..

    Msh blm brani periksa karna takut😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Fika, terimakasih sudah komentar di blog saya. Lebih baik segera periksakan mba, lebih cepat lebih baik lho. Penyembuhan ditahap awal kanker masih lebih ringan daripada tahapan lanjut. Good luck mba :)

      Delete
  17. Saya akhir2 ini jg sering merasa gak nyaman dgn payudara saya yang kdg suka nyeri 😭..

    Msh blm brani periksa karna takut😥

    ReplyDelete
  18. Halo kak,  sekedar sharing nih. Usia ku skrng 21 tahun,  aku punya benjolan payudara sejak tahun 2015, benjolan nya bisa geser dan tepi nya jelas banget (batas benjolan),  aku tau aku punya benjolan di PD itu bagaikan besok udah gak bisa idup lagi dah,  kebetulan ibu gue dulu punya riwayat kista rahim jadi gak heran dah kalau nular,  dan gue berangkat tuh ke rsud ke poli bedah,  kata dokter bedahnya si FAM.  2 tahun berlalu,  awal tahun 2017  yang awalnya benjolannya baik baik saja skrng membesar guys,  PD gue sakit dan gatal parah,  langsung gue  periksain diri lagi setelah 2 tahun hahah, antri lah di rsud,  disamping gue ada ibu ibu yang usianya mungkin 50an lah, kami saling berbincang dan case kita sama sama di PD,  bedanya ibu ini sudah jadi kanker,  ceritanya ibu ini dulu ada benjolan di payudara waktu masih usia 20an tp dibiarin,  and then skrng jadi kanker.  Dalam hati gue,  gue mantep operasi.  Nov 2017 akhirnya gue operasi, alhamdulillah benjolan gue jinak ,  melewati 10 hari yang susah pasca operasi (perih, gatal, susah gerak)  its okay,  demi masa depan gue,  buat calon anak anak gue ntar *eak*  , serius kalau kalian ada benjolan saran jangan sungkan sungkan periksa ke dokter,  kalau usg segera usg,  apalagi biopsi,  segeralah biopsi.  Jauhi makanan berlemak, banyakin sayur dan buah ~

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo ka Putri,

      Makasih banget udah sharing di postingan ini ya :) Semoga cepat pulih dan sehat selalu. Doaku untukmu ya kak :)

      Delete
  19. Kalo cek payudara bisa ke bidan g si? Soalnya mw sekalian cek menstruasi ku yg sedang TidaK normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau chek payudara langsung ke dokter onkologi aja mba, kok ke bidan sih , kalau dokter onkologi itu dia pegang aja payudara mbaa dia udah tau itu ada benjolan berupa kista, fam atau udh cancer..Saran aku seh ya, langsung usg ke dokter onkologi emang sih terkesan serem Karena langsung chek ke dokter bedah tp serius mereka itu udah pengalaman. Tuh dokter sonar di Medistra bagus tp gt mesti tlp buat schedule aja 6 bulan

      Delete
  20. Halo mbak mey makasih infonya,
    Aku jg lagi nyari2 info ini, soalnya aq payudara sbelah kanan sprt nyeri2 kdg ilang timbul tp g ada benjolan cm myeri sampe didada gtu, dlo seh prnh usg mamae dibanjarmasin hasilnya ada cairan gtu tp kata dokter bs dr kelenjar air susu aktf krn sy da pny ank 2, tp g kasi ASI krn g keluar byk jd kterusan pake susu formula, nah skeg sy tggl dijkt ingin tau dimana dan dokter apa yg tepat buat periksa payudara takut jg seh pnykit aneh2 moga ga ada apa2😢 pdhl 1thn lalu abis oeprasi kista hiksss masa skrg ada nyeri2 lagi dipayudara, semoga mbaj mey jg sehat sll yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Ica, terimakasih komennya ya :) semoga mba Ica juga sehat teruuusss aamiin :)

      Delete
    2. Mba,dibanjarmasin,dimana bisa usg mamae?

      Delete
  21. Terima kasih banyak mba infonya, kebetulan saya butuh sekali informasi ini. Sudah 1 tahun ada benjolan di payudara saya, tapi benjolan tersebut lunak. Saya periksa ke dokter dan dokter hanya periksa dengan SADARI jadi todak menggunakan alat apapun. Dan saya tiba2 langsung di vonis tumor dan harus operasi. Saya kaget karna tidak ada tindakan pemeriksaan apapun tapi langsung di suruh operasi saat itu 1 tahun yg lalu. Dan semenjak itu saya ga pernah lagi ke dokter. Baru sekarang ini muncul nyeri2 dan ada benjolan yg keras di bagian payudara yg lainnya. Saya mau periksa hanya saja takut bertemu dengan dokter yg tiba2 nyuruh saya operasi padahal saya baru di periksa dengan pemeriksaan manual alias SADARI

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mba Mutia, kalau memang ragu dengan satu dokter, sebaiknya temui beberapa dokter sekalian dari RS yang berbeda ya mba. Soalnya kanker itu numbuhnya cepat sekali.

      Jadi lebih cepat diatasi, lebih baik. Sekaligus mba Mutia jadi ga was was dengan kondisi payudara mba :) terimakasih sudah mampir blog saya.

      Delete
  22. Seneng baca2 isi artikel dan komen2 nya setidaknya sharing, saya pun akhir2 ini sering nyeri payudara apalagi sampai pegel ke lengan dan punggung , mau periksakan sangat takut sekali, apalagi St lg persiapan mau menikah, apakah faktor stress dan cape jg mempengaruhi nya ya, soalnya ada benjolan ada nyeri dia rela ketiak kanan dan payudara kanan bawah, duh takut, sempet searching juga ykpi tp belum ada respon, apalagi St tinggal di daerah , apakah saya harus ke Jakarta buat periksakan nya ya mba, akses di daerah untuk event dan periksa2 tentang payudara masih tabu, dan jarang , tp dengan baca2 artikel dan komen2 kyk gini berasa ada temen ternyata , hhu trimakasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba! Makasih udah baca dan komen di blogpost saya ya :)

      Tidak perlu ke Jakarta buat dapat fasilitas USG Payudara. Mba ke RS terdekat aja, lalu bilang mau USG payudara ya. Semoga sehat selalu. Semangat!

      Delete
    2. Rasa itu sama seperti yg saya alami skrg... Mba dr tahun 2018 itu sdh periksa blm. Setelah periksa gmna kata dokternya. Aku takuttt :''

      Delete
  23. Pengen USG payudara juga...setelah baca2 blog mba meylisa agustina...ga mnyusui krn asi ga kluar...sering brasa nyeri klo lagi mens ...seneng baca blognya..bahasanya lucu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mbak Triayu!

      Ayoo segera di USG aja mbak. Waspada lebih baik daripada mengobati :) Semoga sehat selalu ya!

      Delete
  24. Salam kenal semuanya..saya suka baca blok mbk meylisa Agustina karena bs saling berbagi..saya jg satu blm ini agak cemas dgn PD saya..tp takut jg mau periksa tp dgn membaca blok ini sy ingin segera usg..terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera di USG! Kalau takut bisa ajak temen, papa/mama, saudara, pacar juga boleh. Semangat!

      Delete
  25. Makasih mb mey infonya, kebetulan saya lagi butuh banget info ini....

    ReplyDelete
  26. Maaf, numpang tanya klo cek payudara ke dr kandungan bs gak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba tanya ke dokter umum aja dulu, atau ke RS kanker langsung :)

      Delete
  27. Makasih infonya mb Mey.. Lg ngalamin keluhan yg sama, masuk bulan kedua payudara kiri cenut2 sampe ke punggung seminggu menjelang mens. Mau nanya mb.. Kl usg kapan ya waktu yg tepat, sebelum atau setelah mens brp lama ya?

    ReplyDelete
  28. Maksih mba infonya sya ada benjolan PD sebelah kiri dan benjolanya itu kalo di pegang keras tapi bisa bwrgerak2 kalo mwu periksa langsung ke dokter bedah atau di dokter apa dulu ya mna..

    ReplyDelete
  29. mba saya mau usg payudara tapi saya punya 2 anak kecil gpp kl saya bawa anak soalnya saya gda sodara untuk nitipin anak saya.
    saya dari tangerang cipondoh mohon info ny bunda" yg tau tempat usg payudara daerah tangerang dan kisaran biaya ny terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. segera ke dokter terdekat aja ya mbak Devi, gapapa bawa anak, kalau perlu ajak suaminya juga.

      Delete
  30. sya ada benjolan d ketiak kecil" lebih dari satu keras kaya ny segede kacang ijo dan d area areola ny peot gt mba kaya nenek" hehe mf payudara saya kendor sama gatel tapi puting ny g gatel pas saya pencet keluar kaya air susu dan saya baru menyapih anak saya 2 bln lalu mohon pencerahan ny mb terimakasih

    ReplyDelete
  31. Waalaikumsalam ma Kekey, mohon maaf untuk keputusan operasi atau tidak sebaiknya diskusikan dengan dokter ya mbak... dokter lebih ahli dari saya :)

    semoga sehat selalu mba Kekey...

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)