Ciye kurusan!

By Meylisa Agustina - 1:53 AM


Kiri: Meylisa, April 2013. Photo taken by Dwiyan. P. Kanan: Meylisa, Oktober 2014. Photo taken by Kezia GC


“Ciye kurusan!”
“Wah ka Mey kurusan ya??”
"Elsa kamu sekarang kurusan..!”
Yes I’ve got all praises.
 I’ve got those “kurusan” praises from families and fellas.


Dan tiap kali ditanya gimana caranya supaya bisa kurusan, saya bingung gimana jawabnya -_-

Kalau soal makan.. ya saya masih ga bisa jaga pola makan. Saya masih suka jajan cilok atau kue cubit, saya masih suka tiba-tiba ngidam soto betawi, dan masih ngiler liat pizza. Tapi saya juga makan sayuran kok. Kadang makan buah, kalo inget >.<

Yang lebih buruk lagi, saya ga bisa jaga pola tidur. Kalau banyak kerjaan pasti deh begadang. Bahkan kalau ga ada kerjaan saya begadang juga buat nontonin film papi Liam Neeson. Contohnya saat saya menulis postingan ini ya saya belum tidur hingga dini hari.

Trus gimana bisa kurusan?





Susunan barbel di Syahida Fitness Centre, foto koleksi pribadi

Yes! Saya olahraga cyin! Angkat beban, trus senam aerobik juga, kadang joging kalo lagi ga males, kadang berenang, kadang body combat.

Kok “kadang-kadang” semua sih Mey?
Ya suka-suka dong cyinn ahahaha habisan kalo olahraga satu jenis doang kan bosen gitu ya..


Buat teman-teman yang udah baca Throwback 2014 saya, pasti tau dong kalau saya mulai aktif olahraga di Februari 2014 setelah sebelumnya patah tulang?

Yep.. awal mulanya saya aktif senam aerobik dulu. And it’s hard to do if your feet was aching everytime you move. Jadi kadang kalau instruktur senam aerobik lagi maksimalin latihan, biasanya saya cuma meringis gara-gara kaki saya sakit. Duh...

Dimasa-masa kaki nyeri begitu, treadmill and jogging definetely kill me!! Pernah setel treadmill 15menit dan saya menyerah di menit pertama... yaa daripada kaki saya meledak kesakitan mendingan berenti kan?

Walhasil saya mencoba mengombinasi dengan berenang. Saya sih seneng berenang.. tapi kalau habis berenang sore kenapa gitu ya godaan buat makan malah lebih kuat? Seolah-olah itu kang gorengan, kang mi ayam dan kang-kang lainnya menggoda saya buat jajan.. eneng lemah kang.. eneng lemaaaahh..


Nah! Daripada digodain akang jajanan, saya mencoba untuk home exercise. Ya di rumah gituloh, ga perlu ongkos atau jajan kan? Plus saya bebas mau pake kostum olahraga apa aja karena olahraganya di kamar sendiri uwuwuw~

Salah satu home exercise favorit saya adalah body combatnya Les Mills dan HIIT. Searching aja di youtube, langsung keluar deh tuh sederetan video body combat dan HIIT. Buatku sih enaknya body combat tuh ya karena belajar menonjok dan menendang. Selesai body combat biasanya saya langsung merasa se-sexy Charlie Angels atau Angelina Jolie #HanyaImajinasi #KhayalanTingkatTinggi #CumaFantasi



Oh iya! Berhubung saya senam aerobiknya satu tempat sama gym, jadilah saya suka nge-gym juga. Ya angkat beban gitulah. Bukan angkat karung beras ya, catet.

Omongin soal angkat beban, pasti cewek-cewek pada takut ntar badannya membesar layaknya Ade Rai. Dearest ladies, kita ini ga punya hormon testosteron. Hanya mahluk bertestosteron lah yang bisa punya badan kotak-kotak kayak cetakan es batu.

Lagian juga ya.. kalo mau punya badan kekar-kotak-kotak mah perjuangannya keras bok! Kalian mesti rutin angkat beban trus konsumsi protein and say goodbye to junk food!

Selama angkat beban alhamdulillah saya ga pernah celaka. Ya misal gitu kayak di film Final Destination kan ada tuh yang mati di tempat gym gara-gara ketiban barbel..(amit-amit jangan sampe). Palingan sih kalau habis angkat beban ya badan saya jadi pegel-pegel manja minta dipijit sama Vin Diesel. Sakit terparah itu pernah kena cacar api. Kemungkinan besar sih cacar api ini disebabkan saya kelelahan gara-gara olahraga plus pola tidur saya buruk. Hasilnya, imunitas drop dan kena virus cacar api.


Sampe sekarang sih saya masih cupu sama barbel. Leg press paling berat 15 kilo kanan-kiri (total 30kilos), Squat paling berat 10kilos kanan kiri, bench press juga 5kilos udah mau mati aja rasanya -__-. Tapi kalo dipikir-pikir, saya makin kuat angkat aneka macam latihan dengan aneka total beban.

Misal nih. Awal mula squat saya ga pake beban sama sekali. Dua pekan kemudian saya naikin beban jadi 2,5kilos di kanan-kiri. Dua pekan kemudian saya naikin lagi jadi 5kilos each side. Empat pekan kemudian, saya naikin lagi jadi 10kilos each side. Sekarang total beban yang saya angkat pas squat ya 10kilos kanan-kiri yang berarti total 20kilo.

Untuk latihan tubuh bagian atas (dada, bahu, bicep, dll) saya sekarang sanggup 5kilos kanan-kiri saja sodara-sodara. Diatas itu udah ga belum shanggup. Just like squatting, sooner or later saya mungkin bakal nambahin beban.

Sekarang saya udah lumayan kuat kalau diajak jogging. Walaupun ada seorang partner yang ngeluh karena saya lamban kalau jogging -_-. Sekarang kaki saya juga udah kuat ngikutin gerakan-gerakan senam aerobik. I’d love to dance, and it was easy if it comes to aerobic or body combat. Dan sekarang saya mulai coba beberapa variasi baru latihan angkat beban!


So, can you see my point is?
I’m NOT getting thinnier.. I just getting stronger and healthier also happier. Slowly but sure I build my muscle and my confidence. Karena saya makin kuat angkat beban, makin kuat ngikutin gerakan senam/body combat, makin kuat (tapi lamban) pas jogging atau berenang.


“Getting stronger” bikin badan saya jadi kurusan. Bukan kurusan bikin saya jadi kuat. Plis jangan kebalik. Ini ibarat pake bra duluan apa pake baju duluan. Ya mungkin otot saya belum gede-gede layaknya Julia Vins si powerlifter cantik dari Rusia. Perut saya juga belum kotak-kotak kayak motif sarung. But I’m getting stronger each time I exercise.



Which one better in your opinion: getting stronger or getting thinnier?

Julia Vins, 18, Russians powerlifter. Muka barbie, sarapan barbel!!


  • Share:

You Might Also Like

3 komentar

  1. ada nomor contact syahida fitness center itu ga ya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf ga ada, tapi coba searching nomernya Wisma Syahida aja dulu ya ntar bisa tanya ttg fitness centre nya hehe

      Delete
  2. Untuk member berapa ya kira2 biayanya ?

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)