Pengalaman Buruk Berbelanja di Watsons Online
By Meylisa Agustina - 5:11 PM
Baru kali ini belanja online lamanya kayak ngurus paspor di
kantor daerah pedalaman circa 10 tahun yang lalu.
Setahun lalu ketika saya pertama kali bikin paspor, rasanya
amaze sama pelayanan Kantor Imigrasi Pondok Pinang. Waktu itu saya mendaftar
via apps Antrian Paspor, yang mana kurang lebih saya harus menunggu dua pekan
karena jadwalnya sudah penuh. Setelah menanti hari H pembuatan paspor, saya
mendatangi kantor Imigrasi Pondok Pinang pukul 7 pagi. Jam 8 lewat sedikit,
kami yang antri sudah mulai dipanggil buat interview dan proses pembuatan
paspor. Setelah saya masuk ruangan, saya sempat ditanya-tanya paspornya buat
apa, mau kemana, langsung cus sesi foto diri, scan sidik jari dan mata, lalu
selesai. Proses pendataan hanya 1 jam, setelah itu saya diharuskan kembali ke
kantor tsb buat mengambil paspor yang sudah jadi.
Cepet banget kan? Ya jaman sekarang, saat semua serba cepat,
banyak banget perusahaan ritel yang harus gulung tikar karena ‘kalah’ jualan
sama yang online. Ada beberapa perusahaan ritel yang kemudian buka cabang di
online supaya tetep selamat ga tergerus sama teknologi.
Salah satunya, ialah Watsons Indonesia yang kemudian punya
Watsons Online. Watsons Online adalah portal belanja produk-produk kesehatan
dan kecantikan. Sama seperti pendahulunya, Watsons online melayani pembelian
produk yang berkaitan dengan Wellness.
Namun tidak seperti pelayanan serba cepat ala pedagang
online, Watsons Online pelayanannya sangat sangat buruk dan lamban seperti
pelayanan birokrasi jaman baheula.
KRONOLOGI
31 Mei 2018
Saya mencoba kali pertama belanja di Watsons Online. Saat
itu saya membeli beberapa produk kebutuhan dengan total belanja IDR 129rb
sekian. Dengan nama sebesar Watsons, dan reviewnya yang bagus-bagus, percayalah
saya dengan Watsons Online.
Saya menunggu dengan sabar karena kebetulan saat itu bulan
puasa. Saya prediksi dengan nama besar Watsons, paling tidak bisa sampai ke
tangan saya sepekan kemudian yakni 11 Juni 2018. Rupanya, pesanan saya ga
kunjung sampai.
Saya pikir yaudah lah ya, mungkin memang sudah libur karena
banyak pegawai negeri yang libur dari tanggal 11 Juni. Eh, tapi kan Watsons
bukan BUMN ya? Bukan kantor aparat pemerintah juga? Jadi gimana dong?
Saya memutuskan untuk sabar hingga......
20 Juni 2018
Hari itu saya sudah kesal bukan kepayang. Paket saya belum
sampai, plus banyak di Instagran Watsons yang banyak mengeluhkan hal sama.
Teman beauty blogging saya bahkan sudah menyatakan “Ikhlas, barangnya tidak
sampai semenjak order dua bulan lalu”. Whaaat dua bulan lho! Itukan ga kepotong
libur lebaran ya?
Saya melihat banyak protes dari konsumen Watsons Indonesia
lainnya, yang kemudian hanya dibalas “Silahkan kirim email ke customerservice
kami ya mbak” oleh admin Instagramnya.
Akhirnya saya memutuskan untuk menanyakan perihal paket saya
melalui surel di customerservice@watsons.co.id.
Kemudian mendapat balasan dari CS yang menyatakan bahwa paket saya akan
dikirimkan paling lambat 3 – 5 hari kerja.
WHAT?
Yasudah... saya memutuskan sabar lagi sampai ....
2 - 3 Juli 2018
Rasanya udah ga bener nih. Perusahaan sebesar Watsons,
seternama itu sampai mengacuhkan pembelian dari pelanggannya. Akhirnya saya
hubungi lagi via surel yang sama.
Jujur saya kecewa sekali dengan pelayanan Watsons Online.
Pada email saya kali ini, saya baru diberitahu bahwa stok ketersediaan barang
saya TIDAK ADA, sehingga tidak bisa diproses ke Pengiriman.
Hellowwww... kenapa ga kabarin sih? Pake email kek, telpon
kek. Untung saya tanya ya ke email mereka, coba kalau ga ditanyain? Yakin deh
tuh sampai lebaran Siput juga ga bakal tau kalau produknya ga ada.
Keesokan harinya, tanggal 3 Juli saya langsung mengirimkan
formulir pengembalian dana (alias REFUND). Gak lama, saya dapat balasan dari CS
Watsons bahwa uang saya akan dikembalikan 10 – 20 hari kerja. Yang artinya
kurang lebih 1 bulan lamanya.
Saya jadi semakin tidak mengerti, sebenarnya Watsons ini
hidup di zaman apa sih?
Kalau kalian belanja di Market Place besar macam Tokopedia
atau Shopee, uang refund langsung ditransfer ke digital money sesuai dengan
jumlah uang kita. Prosesnya pun ga lama, paling 3 – 5 hari.
11 Juli 2018
Disinilah drama dimulai. Tentu yang mulai bukan saya, tapi
Watsons sendiri.
Ketika perusahaan Watsons punya banyak masalah dengan
pelanggan, social media admin Watsons di Instagram bikin blunder dengan
memosting foto kegiatan karyawan Watsons yang sedang plesiran ke Dufan.
Bagai menyiram bensin pada api, costumer semua protes dan
menduga bahwa uang yang digunakan karyawan Watsons untuk liburan seharusnya
adalah uang refund mereka.
Kemarahan customer ini saya bilang sangat wajar. Ada yang
sampai sembilan bulan uangnya ga di refund lho.
Sebenernya sih, duit saya ga gede-gede amat yang saya
belanjakan di Watsons. Perlu digarisbawahi, bukan masalah nominalnya. Tetapi masalah
KOMITMEN pelayanan pada konsumen yang NOL BESAR.
KESIMPULAN
Saat saya memposting tulisan ini, saya masih menunggu
pengembalian dana dari Watsons.
Disaat perusahaan portal/apps belanja online terus
memperbaiki layanan serba cepat untuk pelanggan; Watsons Online menjadi salah
satu contoh yang naas dan memalukan.
Pertanggal 23 Juli, uang saya sudah kembali. Alhamdulillah, selesai juga drama kehidupan dengan Watsons ini.
UPDATE
Pertanggal 23 Juli, uang saya sudah kembali. Alhamdulillah, selesai juga drama kehidupan dengan Watsons ini.
38 komentar
parah sih kalo udah kyk gitu. bahkan ada yg sampe 9 bulan belom di refund. amit2 deh belanja disana.
ReplyDeleteMending codan aja aman
DeleteItu gimana cara ngaduinnya. Kemana? Masak didiemin gitu aja sih. kPAi? Unttttung blm pernah belanja ke situ, malah baru tau kalo ada web nya pas lagi rame ini
ReplyDeletebisa ke YLKI mak Esy, tapi aku udah keburu capek hati ngurusinnya.
DeleteAh gila banget, aku sih belom pernah belanja di watsons yg online atau offline. Alesannya karna jauh lebih mahal aja sih rata2 barang yang ada disana. Ada temen pernah cerita beli barang yang sama plek kaya aku (tms ukuran jg sama) harganya 50k, padahal aku beli tempat laen dapet 35k. Meringis sih jadinya. Tambah banyak keluhan watsons online, jadi makin ga berani ke watsons (offline/online)
ReplyDeleteAbis baca ini, fix sih aku jadi males belanja di watson inini, trutama yg onlinenya. Tp yg offlinenya aku jg males krn mahaaaal. Msh lbh bgs century ato guardian kemana2.
ReplyDeleteGitu promo nya gencer bener diskon ini itu yang ga seberapa jika di totalin. 2 bulan kmrn sempet iseng order biore sebiji. Tapi ga ku bayar. Haha..
ReplyDeleteTuhan maaih sayang sama saya..
Guatdian aja udah mahal di tempatku watson lebih mahal lagi ?? Gilee.. Wkwk
ReplyDeletesaya baru tau watson darii tuliasan mbak ini, kalau memang watson adalah perusahaan besar harusnya ga membuat citranya menjadi buruk, ini malah sebaliknya mereka ingin jadi buruk di depan para konsumen.
ReplyDeletewah, saya akan remind my self untun ga belanja disini mbak,
wah parah banget padahal itu kan akan merusak nama mereka sendiri ya
ReplyDeleteWaaah parah banget. PadahalPini mengurungkan niat calon konsumen buat beli. Bahkan di official store salah satu marketplace nya pun saya ragu, banyak penilaian kurang baik disana..
ReplyDeleteWah mba saya juga ngamalamin ini..dr 18 may minta refund sampai sekarang dana belum direfund udh 2 bulan lebih...saya trakhir tlp ke cs nya masih diangkat dan diinfo akhir bulam july refund saya akan ditransfer..tapi sampe skrng belom ada kabar..saya email ga dibales..saya tlp ga ada yg angkat(kaya nya sengaja soalnya mungkin banyak yg komplain) kita harus lapor kemana ya biar mreka jera ga main2 sama customer
ReplyDeleteWah, kayaknya aku masuk ke perangkap si watson ini,
ReplyDeleteDi aplikasi saya notifnya pesanan selesai tapi barang belum saya terima, d telp nyambung terus d reject.
Ya allah, cbaan belanja online apa lagi ini.....
Saya baru coba pesan via aplikasi Watson , sampai sekarang belum ada perubahan status akan di packing untungnya bayar COD jadi masih Aman yang jeng
ReplyDeleteHaduh... saya baru kena nih, pas diskon lumayan 8.8.18 kemaren. Murah sih emang, tapi dari 3 barang cuma dikirim 1. Dan sampai sekarang belum aku terima refundnya. Emailnya persis kaya yg diterima sis Meylissa. Baru sebulan sih emang... semoga ga sampai 9 bulan... Amit-amit deh. Begitu refund diterima langsung uninstall deh app-nya. Di review barang yg saya pesen ternyata banyak juga yg senasib. Ada yg ga dikirim tapi tahu-tahu pengiriman selesai.
ReplyDeleteSama mba saya juga pnya pengalaman buruk belaja di watson, dgn kasus yg sama, ada kekurangan barang pada saat pengiriman dan pd saat saya komplaint terkait hal tersebut, pihak watson tdk bisa mengirimkan kekurangan produk tsb, tetapi akan mengembalikan dana atas kekurangan tsb, tp sdh 3 bln dan sampe skrg watson yg katanya "perusahaan besar itu" sampai saat ini masih belum juga melakukan pengembalian dana. Kapok belanja online di watson. Hati2 utk customer yg mau belanja di watson krn kinerja kerja mereka sangat buruk dan tidak professional
ReplyDeleteYaampun mba saya baru aja kejadian nih , belanja diwatsons via shopee , saya pesan 3 produk tp cuma 1 yg dikirim , parah banget ga ada konfirmasi trlbh dahulu. Dikomplain tp gaada respon dari pihak watsons. Kalo gini mah ngerugiin pelanggan dong :( dan sekarang saya bingung mau ngapain
ReplyDeleteMbak, barangnya akhirnya dikirim atau gk?
DeleteSoalnya kasusku juga sama
Kalo watson yang di luar negri sama juga gg yah? Tapi untungnya disini ada cash on delivery, jadi ya walaupun gg dateng toh uang belom raib, makasih infonya kak, sangat bermanfaat :)
ReplyDeleteBaru baca inii :") dan sekarang lagi ngerasain barang yg ku pesen ga nyampe-nyampe ya ampunn. Ga kepikiran sm sekali bakal lama gini, karna ekspektasi aku ketinggian kali ya krn kan itungannya watson perusahan gede, tp gataunya lama jg ya prosesnya :") semoga barang aku msh tetep nyampe deh (entah kapan nyampenya huhu)
ReplyDeleteGimana kak barangnya udah sampe?
DeleteHallo salam kenal.
ReplyDeleteSaya juga mengalami hal yang sama dengan mbak.
Di aplikasi pesanan saya sudah selesai tapi barang belum di terima.
Saya coba frontal dengan komen kebeberapa poatingan Watsonindonesia di IG. Tapi. Di jawab adminnya,jika keterangan sudah selesai berarti pesanan sedang otw ke tempat saya.
Baru kali ini saya order online seperti ini.
Saya juga nih oersis kaya gini. Order sudah selesai tapi barang belom adabaru lewat sehari sih. Tapi deg2an nyampe apa enggak.
DeleteAuto ga jdi beli watson online wkkw pdhl tnggal tf, alhamdulillah belom
ReplyDeleteCara cek resi nya gmn ya? Katanya bisa di jne.. kl sy masih pengambilan barang, belum dikirim-kirim.. jadi takut sdh baca postingan ini :((
ReplyDeleteSama saya juga, ceknua gimana t? Mohon pencerahan
DeleteMba mau nanya, mba waktu itu dapet email konfirmasi pesanannya berapa hari dari waktu pesen ya?
DeleteNyesel banget gk baca review ttg belanja online di watsons. Barang saya ada yg kurang dikirim dan sudah 2 minggu dr saya kasih keluhan tp blm ada tanda mau dikirim. Setiap telepon ke CSnya selalu sibuk. Pas ditanya katanya masih proses investigasi di tim gudang. Gila sih masa investigasi sampai 2 minggu. Dan mereka gk pernah kasih kepastian kapan bisa dikirim. Kerja kayak gk punya SOP.
ReplyDeleteAku ngalamin hal yang sama kak, barangku juga belum sampai jugaaa ��. Aku udh kirim email tapi gaada kejelasan. Pelayanan online nya bener2 parah. Cukup sekali dan gamau nyoba belanja disitu lagi masih mending langsung ke storenya.
ReplyDeleteBarangku akhirnya dateng dong setelah 3 minggu gk ada kepastian. Tapi itu aku 1 minggu terakhir aku teleponin terus dan aku maki-maki CS-nya krn kesel banget. Bahkan aku tanyain terus di DM IG dan komen terus di postingan IG mereka. Bobrok banget deh Watsons ini.
DeleteAku pernah order sekali beres mba. Setelah 3bulan aku order lagi. Dan kejadian barang ga sampai-sampai. Padahal keterangannya pesanan selesai. Yang artinya harusnya barang sudah sampai.
ReplyDeleteMbak gimana caranya membatalkan pesanan di Watsons online? Masa dari tiga hari yang lalu pesanan saya masih pengambilan barang. Ya walaupun saya cod sih dan saya akan pindah rumah pula. Ahahaha
ReplyDeletekok sama ya, saya pesen barang lewat watsons id, di statusnya padahal pesanan selesai, tapi setelah di cek kok belum ada ya, aduh ini gimana ya perusahaan besar kok kaya gini..
ReplyDeleteAduh...saya terlambat nih baca cerita kakak....saya sama...juga kena zonk...udah bayar 100rb pula...tau gitu COD aja...hiks hiks hiks
ReplyDeleteAduh...saya terlambat nih baca cerita kakak....saya sama...juga kena zonk...udah bayar 100rb pula...tau gitu COD aja...hiks hiks hiks
ReplyDeletesaya juga udah mau 3 Minggu pesanannya baru nyampe dikurir, engga dikirim2. memang sih cod tapi kan hati ga tenang sama itu barang, jadi ada saran ga harus gmna? malah itu pesenam orang
ReplyDeleteNyesel baru baca, pesanan saya udah mau 2 minggu tapi sampe sekarang gak dikirim kirim udah di tf juga, di hubungin cs nya juga gak ada respon, di email di dm bahkan di telpon gak ada respon sama sekali dari mereka.
ReplyDeleteNyesel baru baca, pesanana saya di status pengiriman sudah selesai tapi paket belum dateng juga
ReplyDeleteterimakasih banyak :)