Pengalaman Buruk Berbelanja di Watsons Online

By Meylisa Agustina - 5:11 PM



Baru kali ini belanja online lamanya kayak ngurus paspor di kantor daerah pedalaman circa 10 tahun yang lalu.

Setahun lalu ketika saya pertama kali bikin paspor, rasanya amaze sama pelayanan Kantor Imigrasi Pondok Pinang. Waktu itu saya mendaftar via apps Antrian Paspor, yang mana kurang lebih saya harus menunggu dua pekan karena jadwalnya sudah penuh. Setelah menanti hari H pembuatan paspor, saya mendatangi kantor Imigrasi Pondok Pinang pukul 7 pagi. Jam 8 lewat sedikit, kami yang antri sudah mulai dipanggil buat interview dan proses pembuatan paspor. Setelah saya masuk ruangan, saya sempat ditanya-tanya paspornya buat apa, mau kemana, langsung cus sesi foto diri, scan sidik jari dan mata, lalu selesai. Proses pendataan hanya 1 jam, setelah itu saya diharuskan kembali ke kantor tsb buat mengambil paspor yang sudah jadi.

Cepet banget kan? Ya jaman sekarang, saat semua serba cepat, banyak banget perusahaan ritel yang harus gulung tikar karena ‘kalah’ jualan sama yang online. Ada beberapa perusahaan ritel yang kemudian buka cabang di online supaya tetep selamat ga tergerus sama teknologi.
Salah satunya, ialah Watsons Indonesia yang kemudian punya Watsons Online. Watsons Online adalah portal belanja produk-produk kesehatan dan kecantikan. Sama seperti pendahulunya, Watsons online melayani pembelian produk yang berkaitan dengan Wellness.
Namun tidak seperti pelayanan serba cepat ala pedagang online, Watsons Online pelayanannya sangat sangat buruk dan lamban seperti pelayanan birokrasi jaman baheula.

KRONOLOGI

31 Mei 2018

Saya mencoba kali pertama belanja di Watsons Online. Saat itu saya membeli beberapa produk kebutuhan dengan total belanja IDR 129rb sekian. Dengan nama sebesar Watsons, dan reviewnya yang bagus-bagus, percayalah saya dengan Watsons Online.
Saya menunggu dengan sabar karena kebetulan saat itu bulan puasa. Saya prediksi dengan nama besar Watsons, paling tidak bisa sampai ke tangan saya sepekan kemudian yakni 11 Juni 2018. Rupanya, pesanan saya ga kunjung sampai.
Saya pikir yaudah lah ya, mungkin memang sudah libur karena banyak pegawai negeri yang libur dari tanggal 11 Juni. Eh, tapi kan Watsons bukan BUMN ya? Bukan kantor aparat pemerintah juga? Jadi gimana dong?
Saya memutuskan untuk sabar hingga......



20 Juni 2018

Hari itu saya sudah kesal bukan kepayang. Paket saya belum sampai, plus banyak di Instagran Watsons yang banyak mengeluhkan hal sama. Teman beauty blogging saya bahkan sudah menyatakan “Ikhlas, barangnya tidak sampai semenjak order dua bulan lalu”. Whaaat dua bulan lho! Itukan ga kepotong libur lebaran ya?


Saya melihat banyak protes dari konsumen Watsons Indonesia lainnya, yang kemudian hanya dibalas “Silahkan kirim email ke customerservice kami ya mbak” oleh admin Instagramnya.
Akhirnya saya memutuskan untuk menanyakan perihal paket saya melalui surel di customerservice@watsons.co.id. Kemudian mendapat balasan dari CS yang menyatakan bahwa paket saya akan dikirimkan paling lambat 3 – 5 hari kerja.
WHAT?
Yasudah... saya memutuskan sabar lagi sampai ....

2 - 3 Juli 2018

Rasanya udah ga bener nih. Perusahaan sebesar Watsons, seternama itu sampai mengacuhkan pembelian dari pelanggannya. Akhirnya saya hubungi lagi via surel yang sama.
Jujur saya kecewa sekali dengan pelayanan Watsons Online. Pada email saya kali ini, saya baru diberitahu bahwa stok ketersediaan barang saya TIDAK ADA, sehingga tidak bisa diproses ke Pengiriman.


Hellowwww... kenapa ga kabarin sih? Pake email kek, telpon kek. Untung saya tanya ya ke email mereka, coba kalau ga ditanyain? Yakin deh tuh sampai lebaran Siput juga ga bakal tau kalau produknya ga ada.

Keesokan harinya, tanggal 3 Juli saya langsung mengirimkan formulir pengembalian dana (alias REFUND). Gak lama, saya dapat balasan dari CS Watsons bahwa uang saya akan dikembalikan 10 – 20 hari kerja. Yang artinya kurang lebih 1 bulan lamanya.


Saya jadi semakin tidak mengerti, sebenarnya Watsons ini hidup di zaman apa sih?

Kalau kalian belanja di Market Place besar macam Tokopedia atau Shopee, uang refund langsung ditransfer ke digital money sesuai dengan jumlah uang kita. Prosesnya pun ga lama, paling 3 – 5 hari.

11 Juli 2018

Disinilah drama dimulai. Tentu yang mulai bukan saya, tapi Watsons sendiri.
Ketika perusahaan Watsons punya banyak masalah dengan pelanggan, social media admin Watsons di Instagram bikin blunder dengan memosting foto kegiatan karyawan Watsons yang sedang plesiran ke Dufan.



Bagai menyiram bensin pada api, costumer semua protes dan menduga bahwa uang yang digunakan karyawan Watsons untuk liburan seharusnya adalah uang refund mereka.
Kemarahan customer ini saya bilang sangat wajar. Ada yang sampai sembilan bulan uangnya ga di refund lho.

Sebenernya sih, duit saya ga gede-gede amat yang saya belanjakan di Watsons. Perlu digarisbawahi, bukan masalah nominalnya. Tetapi masalah KOMITMEN pelayanan pada konsumen yang NOL BESAR.


KESIMPULAN

Saat saya memposting tulisan ini, saya masih menunggu pengembalian dana dari Watsons.


Disaat perusahaan portal/apps belanja online terus memperbaiki layanan serba cepat untuk pelanggan; Watsons Online menjadi salah satu contoh yang naas dan memalukan.


UPDATE


Pertanggal 23 Juli, uang saya sudah kembali. Alhamdulillah, selesai juga drama kehidupan dengan Watsons ini.

  • Share:

You Might Also Like

38 komentar

  1. parah sih kalo udah kyk gitu. bahkan ada yg sampe 9 bulan belom di refund. amit2 deh belanja disana.

    ReplyDelete
  2. Itu gimana cara ngaduinnya. Kemana? Masak didiemin gitu aja sih. kPAi? Unttttung blm pernah belanja ke situ, malah baru tau kalo ada web nya pas lagi rame ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ke YLKI mak Esy, tapi aku udah keburu capek hati ngurusinnya.

      Delete
  3. Ah gila banget, aku sih belom pernah belanja di watsons yg online atau offline. Alesannya karna jauh lebih mahal aja sih rata2 barang yang ada disana. Ada temen pernah cerita beli barang yang sama plek kaya aku (tms ukuran jg sama) harganya 50k, padahal aku beli tempat laen dapet 35k. Meringis sih jadinya. Tambah banyak keluhan watsons online, jadi makin ga berani ke watsons (offline/online)

    ReplyDelete
  4. Abis baca ini, fix sih aku jadi males belanja di watson inini, trutama yg onlinenya. Tp yg offlinenya aku jg males krn mahaaaal. Msh lbh bgs century ato guardian kemana2.

    ReplyDelete
  5. Gitu promo nya gencer bener diskon ini itu yang ga seberapa jika di totalin. 2 bulan kmrn sempet iseng order biore sebiji. Tapi ga ku bayar. Haha..
    Tuhan maaih sayang sama saya..

    ReplyDelete
  6. Guatdian aja udah mahal di tempatku watson lebih mahal lagi ?? Gilee.. Wkwk

    ReplyDelete
  7. saya baru tau watson darii tuliasan mbak ini, kalau memang watson adalah perusahaan besar harusnya ga membuat citranya menjadi buruk, ini malah sebaliknya mereka ingin jadi buruk di depan para konsumen.

    wah, saya akan remind my self untun ga belanja disini mbak,

    ReplyDelete
  8. wah parah banget padahal itu kan akan merusak nama mereka sendiri ya

    ReplyDelete
  9. Waaah parah banget. PadahalPini mengurungkan niat calon konsumen buat beli. Bahkan di official store salah satu marketplace nya pun saya ragu, banyak penilaian kurang baik disana..

    ReplyDelete
  10. Wah mba saya juga ngamalamin ini..dr 18 may minta refund sampai sekarang dana belum direfund udh 2 bulan lebih...saya trakhir tlp ke cs nya masih diangkat dan diinfo akhir bulam july refund saya akan ditransfer..tapi sampe skrng belom ada kabar..saya email ga dibales..saya tlp ga ada yg angkat(kaya nya sengaja soalnya mungkin banyak yg komplain) kita harus lapor kemana ya biar mreka jera ga main2 sama customer

    ReplyDelete
  11. Wah, kayaknya aku masuk ke perangkap si watson ini,
    Di aplikasi saya notifnya pesanan selesai tapi barang belum saya terima, d telp nyambung terus d reject.
    Ya allah, cbaan belanja online apa lagi ini.....

    ReplyDelete
  12. Saya baru coba pesan via aplikasi Watson , sampai sekarang belum ada perubahan status akan di packing untungnya bayar COD jadi masih Aman yang jeng

    ReplyDelete
  13. Haduh... saya baru kena nih, pas diskon lumayan 8.8.18 kemaren. Murah sih emang, tapi dari 3 barang cuma dikirim 1. Dan sampai sekarang belum aku terima refundnya. Emailnya persis kaya yg diterima sis Meylissa. Baru sebulan sih emang... semoga ga sampai 9 bulan... Amit-amit deh. Begitu refund diterima langsung uninstall deh app-nya. Di review barang yg saya pesen ternyata banyak juga yg senasib. Ada yg ga dikirim tapi tahu-tahu pengiriman selesai.

    ReplyDelete
  14. Sama mba saya juga pnya pengalaman buruk belaja di watson, dgn kasus yg sama, ada kekurangan barang pada saat pengiriman dan pd saat saya komplaint terkait hal tersebut, pihak watson tdk bisa mengirimkan kekurangan produk tsb, tetapi akan mengembalikan dana atas kekurangan tsb, tp sdh 3 bln dan sampe skrg watson yg katanya "perusahaan besar itu" sampai saat ini masih belum juga melakukan pengembalian dana. Kapok belanja online di watson. Hati2 utk customer yg mau belanja di watson krn kinerja kerja mereka sangat buruk dan tidak professional

    ReplyDelete
  15. Yaampun mba saya baru aja kejadian nih , belanja diwatsons via shopee , saya pesan 3 produk tp cuma 1 yg dikirim , parah banget ga ada konfirmasi trlbh dahulu. Dikomplain tp gaada respon dari pihak watsons. Kalo gini mah ngerugiin pelanggan dong :( dan sekarang saya bingung mau ngapain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak, barangnya akhirnya dikirim atau gk?
      Soalnya kasusku juga sama

      Delete
  16. Kalo watson yang di luar negri sama juga gg yah? Tapi untungnya disini ada cash on delivery, jadi ya walaupun gg dateng toh uang belom raib, makasih infonya kak, sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  17. Baru baca inii :") dan sekarang lagi ngerasain barang yg ku pesen ga nyampe-nyampe ya ampunn. Ga kepikiran sm sekali bakal lama gini, karna ekspektasi aku ketinggian kali ya krn kan itungannya watson perusahan gede, tp gataunya lama jg ya prosesnya :") semoga barang aku msh tetep nyampe deh (entah kapan nyampenya huhu)

    ReplyDelete
  18. Hallo salam kenal.
    Saya juga mengalami hal yang sama dengan mbak.
    Di aplikasi pesanan saya sudah selesai tapi barang belum di terima.
    Saya coba frontal dengan komen kebeberapa poatingan Watsonindonesia di IG. Tapi. Di jawab adminnya,jika keterangan sudah selesai berarti pesanan sedang otw ke tempat saya.
    Baru kali ini saya order online seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga nih oersis kaya gini. Order sudah selesai tapi barang belom adabaru lewat sehari sih. Tapi deg2an nyampe apa enggak.

      Delete
  19. Auto ga jdi beli watson online wkkw pdhl tnggal tf, alhamdulillah belom

    ReplyDelete
  20. Cara cek resi nya gmn ya? Katanya bisa di jne.. kl sy masih pengambilan barang, belum dikirim-kirim.. jadi takut sdh baca postingan ini :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saya juga, ceknua gimana t? Mohon pencerahan

      Delete
    2. Mba mau nanya, mba waktu itu dapet email konfirmasi pesanannya berapa hari dari waktu pesen ya?

      Delete
  21. Nyesel banget gk baca review ttg belanja online di watsons. Barang saya ada yg kurang dikirim dan sudah 2 minggu dr saya kasih keluhan tp blm ada tanda mau dikirim. Setiap telepon ke CSnya selalu sibuk. Pas ditanya katanya masih proses investigasi di tim gudang. Gila sih masa investigasi sampai 2 minggu. Dan mereka gk pernah kasih kepastian kapan bisa dikirim. Kerja kayak gk punya SOP.

    ReplyDelete
  22. Aku ngalamin hal yang sama kak, barangku juga belum sampai jugaaa ��. Aku udh kirim email tapi gaada kejelasan. Pelayanan online nya bener2 parah. Cukup sekali dan gamau nyoba belanja disitu lagi masih mending langsung ke storenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangku akhirnya dateng dong setelah 3 minggu gk ada kepastian. Tapi itu aku 1 minggu terakhir aku teleponin terus dan aku maki-maki CS-nya krn kesel banget. Bahkan aku tanyain terus di DM IG dan komen terus di postingan IG mereka. Bobrok banget deh Watsons ini.

      Delete
  23. Aku pernah order sekali beres mba. Setelah 3bulan aku order lagi. Dan kejadian barang ga sampai-sampai. Padahal keterangannya pesanan selesai. Yang artinya harusnya barang sudah sampai.

    ReplyDelete
  24. Mbak gimana caranya membatalkan pesanan di Watsons online? Masa dari tiga hari yang lalu pesanan saya masih pengambilan barang. Ya walaupun saya cod sih dan saya akan pindah rumah pula. Ahahaha

    ReplyDelete
  25. kok sama ya, saya pesen barang lewat watsons id, di statusnya padahal pesanan selesai, tapi setelah di cek kok belum ada ya, aduh ini gimana ya perusahaan besar kok kaya gini..

    ReplyDelete
  26. Aduh...saya terlambat nih baca cerita kakak....saya sama...juga kena zonk...udah bayar 100rb pula...tau gitu COD aja...hiks hiks hiks

    ReplyDelete
  27. Aduh...saya terlambat nih baca cerita kakak....saya sama...juga kena zonk...udah bayar 100rb pula...tau gitu COD aja...hiks hiks hiks

    ReplyDelete
  28. saya juga udah mau 3 Minggu pesanannya baru nyampe dikurir, engga dikirim2. memang sih cod tapi kan hati ga tenang sama itu barang, jadi ada saran ga harus gmna? malah itu pesenam orang

    ReplyDelete
  29. Nyesel baru baca, pesanan saya udah mau 2 minggu tapi sampe sekarang gak dikirim kirim udah di tf juga, di hubungin cs nya juga gak ada respon, di email di dm bahkan di telpon gak ada respon sama sekali dari mereka.

    ReplyDelete
  30. Nyesel baru baca, pesanana saya di status pengiriman sudah selesai tapi paket belum dateng juga

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)