Cara Agar Kulit Lebih Putih, Bersih dan Glowing

By Meylisa Agustina - 11:03 AM


 


Semenjak jadi beauty blogger, ga jarang aku mendapatkan pertanyaan seputar kulit dari temen-temen. Herannya tiap kali mereka nanya, selalu di akhiri dengan pernyataan seolah-olah kulitku ini udah bagus darisana-nya tanpa usaha sekalipun.

“Ah kamu mah enak Mey, kulitnya udah bersih darisananya kan!”

Rasanya pengen jawab, heh pale lo bersih darisananya. Ngana pikir gw turunan Dewi Kwan In yang mukanya mulus bening kayak kaen organza? Gitu kira-kira.




FYI, aku seumur hidup belom pernah ke dokter kulit ya. Palingan ke klinik kecantikan cuma buat perawatan sesekali aja kayak facial atau PRP.

Baca Juga: 

Padahal mah, sekitar tahun 2011 kulitku masih banyak bopeng-bopeng bekas jerawat dan warnanya gelap kusem ga karuan. Masuk tahun 2013 baru aku rajin merawat kulit, sampe detail-detail sifat kulitku sendiri udah hapal.

Yang pasti, kulitku ini cenderung bosenan. Dua bulan pakai rangkaian L’oreal stagnan ga ada perubahan, langsung ganti pake rangkaian dari Rubiena. Dua bulan kemudian stagnan lagi, balik lagi ke L’oreal. Belom lagi sederetan skincare cabutan dari merk lain kayak Etude House Wonder Pore toner, Hatomugi, sampe masker yang suka kupakai diakhir pekan.

Baca Juga

Ga cuma bosenan, kulitku gampang banget berubah skintone nya kalau sering terpapar matahari. Waktu itu pernah dua pekan dateng siang melulu ke kantor. Akhirnya bagian dahi ku gelap banget belang dari dahi sama muka L


Kalo diperhatiin difoto ini dahinya lebih hitam kan? Untuk mengakalinya, kalau kemana-mana aku pakai topi sampe sebatas dahi bahkan pakai payung biar utra-proteksi. Mungkin orang ngeliatnya ribet banget ya, tapi kalau aku sih mendingan ribet dikit daripada kulitku belang. Sekarang sih kondisi dahi aku udah lebih cerah, dan ga terlalu kentara bedanya sama kulit pipi.

Oh iya, salah satu yang sering dianggap remeh adalah: minum air putih. Pernah ada penelitian seorang wanita minum air putih 3lt perhari (1). Setelah sebulan melakukan terapi air putih, suprisingly kulitnya jauuuuuh lebih glowing lho! Yakin masih mau skip minum air putih?


Selain itu, aku termasuk orang yang detail soal kebersihan.

As a desclaimer, aku adalah pengguna kendaraan umum motor dan kereta. Jadi setiap keluar rumah selalu pakai masker wajah berbahan katun, yang setiap hari aku ganti. Ga pernah tuh aku pakai satu masker berkali-kali. Oh iya, aku juga rutin mengganti sprei kasurku setiap 2 pekan. Soalnya takut di spreinya banyak bakteri atau tungau yang ga kelihatan L

Terus tiap pulang beraktifitas, aku juga langsung double cleansing kulitku dengan pembersih make up dan facial foam. Aku juga jaraaaaaang banget skip mandi. Dulu pas SMP/SMA, aku suka ketiduran sepulang sekolah dan masih pakai seragam. Yang namanya anak sekolahan ya, seragamnya kan penuh bakteri dan kuman. Terus dipake tidur siang, alhasil punggung aku sering jerawatan L

Nah belajar dari pengalaman itu, aku sekarang udah ga pernah yang namanya skip mandi atau tidur dengan baju luar. Kalo tidur malem malah semuka-muka udah pake skin care, wangi harum pake body lotion trus pake daster seksi biar bisa pamer punggung mulus~~

Pamer sama siapa siiih? Pamer sama diri sendiri lah. I love my skin.

Tapi yang paling penting dari itu semua yakni adalah kesabaran dan tetep konsisten! Kalau diingat-ingat, perjalanan skincare-ku mulai dari awal bikin beauty blog ini, sekitar tahun 2012 lah ya.

Banyak banget temenku yang menyerah setengah jalan karena ga ada hasilnya. Padahal mah, kulit bening cerah merona dalam hitungan detik itu cuma ada di iklan beb! Dan yang pasti, perawatan kulit ga bisa dilakuin cuma pas kulit bermasalah aja!

Menurutku skincare itu kayak makanan buat kulit.

Analoginya kayak gini: Kalau badanmu sakit, otomatis harus banyak makan sehat buat cepet sembuh, ke dokter supaya tahu penyebab penyakitnya, dan minum obat. Dengan tahu penyebabnya, kamu bisa menghindari penyebab kamu sakit sehingga kamu ga akan sakit lagi.

Kulit juga begitu, kalau lagi bermasalah banget, harus dicari obatnya apa dan penyebabnya apa.
Terus, setelah kamu sembuh dan stop minum obat, apakah kamu stop makan makanan sehat? Engga kan, kamu tetep butuh makan buat melanjutkan hidup.

Kulit juga begitu, ia butuh nutrisi setiap hari. Karena setiap hari dia mengganti sel kulit rusak dengan yang baru, setiap hari kena paparan polusi dan matahari, setiap hari semakin menua dan teksturnya berubah.
Jadi kalau mau kulitnya sehat, jadi harus dikasih makan setiap hari. Bukan dikasih obat pas sakit doang.

Believe me, aku ga pernah ke dokter kulit buat berobat. Semuanya dijalanin sendiri dan tentunya dibantu dari sering baca artikel seputar kulit dan kesehatan.

Setiap lagi cuci muka atau pas lagi pake skincare, aku selalu menyentuh kulit wajahku dengan penuh perasaan. Jadi ketahuan oh di spot ini ada komedo, oh di spot ini ada bakal jerawat. Aku melakukannya dengan sabar dan konsisten, karena aku sayang sama kulitku. 


 

Nah segini dulu cerita dari aku, semoga dari postingan ini kamu bisa terinspirasi buat perawatan kulit atau sekadar maskeran yaaa hihihi





Yuk ngobrol sama aku di:

Sumber:
1. http://www.dailymail.co.uk/femail/article-2480491/How-drinking-litres-water-day-took-years-face.html

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

terimakasih banyak :)