Kredibilitas dalam Produk Kosmetik, Penting Gak Sih?

By Meylisa Agustina - 9:30 PM


Halo teman-teman!
Udah lama banget nih gak nulis blog!
Walaupun udah lama gak cerita dan review-review produk disini,
sebenernya aku tetap setia merawat diri dan skincare-an kok. Sebagai wanita yang suka
beauty product, kadang suka bingung sekaligus meragukan kredibilitas klaim dari suatu produk gak sih?
Apalagi kalau produknya punya klaim berlebihan dan gak ada ingredients, makin curiga ‘kan? 🙁
Untungnya, hari Selasa 14 Maret lalu aku diundang ke acara dari Skinproof
buat membahas The Importance of Product Credibility di SCBD, Jakarta Selatan.
Yuk simak selengkapnya di sini!

Acara dibuka oleh sambutan dari bapak Alfons Sindupranata, selaku CEO dari Arya Noble. Dalam sambutannya, beliau bilang kalau Skinproof dan blogger itu salah dua dari penunjang dalam industri kecantikan. We should proud of what we do, karena sekarang industri kecantikan Indonesia bener-bener lagi maju banget.

Tau gak? Di tahun 2021 aja, ada 100.000 lebih produk kosmetik yang didaftarkan ke BPOM.

Artinya, industri ini termasuk industri yang tahan banting walaupun ada pandemi. Berdasarkan report dari
Euromonitor Internasional tahun 2022, pertumbuhan revenue penjualan beauty & personal care
mengalami peningkatan di seluruh kategori dengan pertumbuhan tertinggi ada
di skin care (29,6%), hair care (21,5%), dan bath & shower (12,2%). 

Di tengah tingginya permintaan masyarakat pada produk kecantikan,tentu sajamembutuhkan dukungan untuk menyajikan klaim produk yang kredibeDi sini, Skinproof jadi platform yang bergerak menghubungkan kebutuhan industri kosmetik dan mengedukasi end customer mengenai kulit.

So, how does Skinproof works?


Apt. Theresia Sinandang S. Farm, sekaligus Head of Skinproof memaparkan seluruh klaim kredibel
yang dirilis oleh Skinproof untuk sebuah produk sudah melalui tes in vivo dan in vitro.
Artinya; in vivo dites penggunaan atau reaksi produk setelah digunakan manusia,
dan juga in vitro artinya dites di dalam laboratorium. 
Pernah dong, baca istilah-istilah seperti “telah teruji secara dermatologis”, “hypoallergenic”,
atau “telah dipilih oleh 9 dari 10 wanita”.
Nah, klaim seperti ini, dirilisnya gak bisa sembarangan loh temen-temen!

Skinproof sendiri punya 5 tahapan untuk membuat klaim kredibel untuk sebuah produk. Yakni:


Cosmetic Claim Support
Consumer Research
Sensory Research
Regulatory & Consultancy

Panjang banget ternyata ya!
Iya gaes, soalnya klaim pada produk adalah alat marketing yang sangat powerful,
namun harus bisa dipertanggung jawabkan.
Sebuah beauty produk gak bisa claim ini dan itu, tanpa riset dan analisa mendalam!
Sering banget kan, kita lihat iklan sabun yang ngaku-ngaku bisa ngilangin eczema, tapi gak ada risetnya.
Hiih, serem banget guys!
Disinilah peranan Skinproof diperlukan untuk memastikan bahwa kandungan
yang terdapat di dalam sebuah produk telah sesuai dengan manfaatnya.
Jadi, kita sebagai konsumen bisa merasa lebih yakin dengan produk-produk yang sudah melalui riset Skinproof.


Terus, brand apa aja sih yang udah approved by Skinproof?

Ada banyak! Beberapa diantaranya ada di gambar di atas ya. Ada ERHA, Azarine, Somethinc,
Wardah, YOU, White Lab dan masih banyak lagi! Kita para blogger juga dapet pengetahuan baru sari Apt. Ike Indrawanti, S. Farm,selaku cosmetic scientist. Kita dikenalin sama beberapa ingredients yang lagi populer.
Seperti AD-Resyl® untuk mencegah tanda-tanda klinis dan kondisi atopic dermatitis,
Bel-Even™ untuk meredakan stress pada kulit,
Algaktif® Genofix Nite untuk mengoptimalkan pemulihan dan perbaikan sel-sel kulit pada malam hari,
dan Adeplump untuk menghasilkan tampilan plumping pada kulit dan bibir. 
Di acara ini aku juga berkesempatan cek kesehatan kulit loh!
Alhamdulillah nih, di usiaku yang menjelang 31 ini, usia kulitku masih 29. Lumayan lah ya, lebih muda 2 tahun~ 



Sejak tahun 2017, Skinproof telah dipercaya oleh berbagai merk ternama untuk melakukan
serangkaian riset untuk produk kosmetik. Kedepannya, Skinproof akan terus berupaya melakukan inovasi
layanan untuk dapat memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik,
memberikan dukungan kepada para klien, dan mengedukasi konsumen. 


Jadi, penting gak sih kredibilitas klaim dalam produk kosmetik? PENTING BANGET DONG!
Sekarang aku tau, kalau skin care pilihanku udah approved by Skinproof. Kalau kamu?


Cari tau lebih lanjut mengenai Skinproof di sini:
WEB / INSTAGRAM

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

  1. Artikelnya ngena banget! Penting banget tau kredibilitas produk kosmetik, jangan asal klaim doang. Skinproof bener-bener jadi jaminan buat produk yang beneran oke. Mantap lah! ✨👍

    https://cantiella.com/

    ReplyDelete

terimakasih banyak :)