Siksa Dubur: Pengalaman Operasi Ambeien Wasir

By Meylisa Agustina - 7:56 PM

 Assalamualaikuum!

 

Kalau kalian pikir, aku salah ketik artikelnya, engga kok. Inshaa Allah aku gak akan bahas tentang siksa kubur yang wallahuallam gak tau gimana kejadiannya. Kali ini aku mau curhat pengalamanku mengatasi peyakit yang sudah aku pendam-pendam sekian tahun lamanya.

Akhirnya setelah aku pendam cerita ini 4 tahun lamanya, sekarang aku udah berani share ini ke kalian, baik readers lama ataupun readers baru yang gak sengaja nemu tulisanku ini.

 

WARNING! Jika kamu jijik-an, sebaiknya ga baca postingan ini ya. Semoga kamu sebagai pembaca bisa menghargai postingan ini dari sisi health awareness nya. Tulisan di bawah ini mengandung bahasa EKSPLISIT dan MENDETAIL, JANGAN DIBACA KALAU KAMU JIJIKAN. JANGAN DIBACA SAAT MAKAN.

 

Let the story begin....

 

Senin pagi, pertengahan Januari 2019.

Senin pagi itu aku bangun gegap gempita seperti biasanya. Bukan karena terlalu semangat buat kerja, tapi karena emang udah telat bangunnya. Seperti biasa, aku mengawali kegiatan dengan mandi dan pup. Alhamdulillah pup sih lancar tapi kok banyak keluar darah ya?

Ya memang sekitar dua pekan itu aku setiap kali pup berdarah. Meskipun pup lancar, diare, pun masih berdarah. Jadi aku asumsikan saat itu yaa biasa aja~

Siangnya saat di kantor dan sore sepulang di rumah, aku dua kali mendapati pipis dengan darah. Awalnya aku pikir darah mens, tapi pas cek aplikasi jadwal mens ternyata mens aku masih jauuh.

Bukan darah mens, bukan juga darah dari saluran urin. Terus darahnya darimana dong? Ternyata pas di tepuk tepuk pake tisu gitu, ternyata darahnya berasal dari anus.

Aku pikir ya wes lah nanti juga sembuh. No worries.

 

 

Dua hari kemudian, hari Rabu aku mulai ngerasa lemes dan sering pusing. Penyebabnya, darah masih keluar dari anus meskipun aku GAK MERASA SAKIT SAMA SEKALI. Inilah yang namanya ‘tidak sakit, namun berdarah’ huhhuhuhu

 

Hari Kamis, masih bulan Januari 2019.

Akhirnya hari Kamis aku minta ditemenin sama adekku ke RS UIN Syarif Hidayatullah buat ke dokter spesialis penyakit dalam. Untungnya dokternya cewek, jadi pas dicek buka celana ya gak berasa malu-malu amat.

Anyway, cara paling mudah memeriksa ambeien saat ke dokter itu posisinya paling gampang kalau rebahan miring yah.

Caranya:
Rebahan seperti biasa di bed pasien, lalu miringkan tubuh dengan posisi memunggungi dokter. Nah disini pantat kita udah menghadap ke dokter ya, lalu turunkan celana sampai bokong terlihat dan tekuk kaki 1 kaki yang di atas. Ibaratnya kalau kamu tidurnya menghadap kanan, maka kaki kiri yang ditekuk. Kalau kamu tiburnya menghadap kiri, maka kaki kanan kamu yang ditekuk.

Posisi ini akan memudahkan dokter untuk memeriksa anus, dan bagian kemaluan kamu tidak terekspos.

Setelah ke dokter penyakit dalam ini, dokternya langsung saranin aku buat ke dokter Syahfreadi, spesialis Bedah Digestive atau bedah pencernaan yang kebetulan di RS UIN juga. Pas banget dokternya praktek di hari itu.

Waktu di ruang tunggu dekat ruang praktik dr Syahfredi, ada anak kecil yang masuk ke ruangan sama orangtuanya. Eh gak lama masuk, kedengeran suara teriak-teriak sambil nangis gitu dong huhuuuuhuh SUMPAH AKU JADI TAKUT BANGET!

Akhirnya tiba waktunya aku masuk ke ruangan prakter dr Syahfreadi....

Waktu masuk langsung disuruh duduk dan ditanyain gitu

 

Dr Syahfreadi: “Kenapa mbak?”

Aku: “Jadi saya udah dari Senin ambeien saya kambuh dok, pup nya berdarah gitu. Trus sampe hari ini darahnya masih keluar meskipun saya gak merasa sakit.....”

Dr Syahfreadi: “Tunggu dulu, sabar... ini baru pertama kali pup berdarah?”

Aku: “Hmm enggak sih, dari dulu juga sering..”

Dr Syahfreadi: “Jadi pertama kali pup berdarah itu kapan?”

 

Aku diem...........

Kalau diingat-ingat, mungkin aku kali pertama pup berdarah itu kelas 4 SD. Jadi 2019 sampe ke momen kelas 4 SD tahun 2001 itu ya udah 18 tahun aku ngalamin pup berdarah.

Awalnya pup keras aja, lalu pup dengan bercak darah.

Inget banget pas pertama pup berdarah itu Mamaku ngomel-ngomel disuruh makan sayur yang banyak. Ini jadi titik pertama kalinya aku mau coba dan jadinya suka sayur. Segala cara dicoba, mulai dari rutin minum fiber cair Veg*e*ta dan rajin makan pepaya.

Tapi makin tambah usia, jadi semakin parah. Gak cuma pup berdarah tapi jadi ada benjolan jadi berasa ada gumpalan daging yang keluar gitu. Awalnya sih gumpalan kecil ini bisa diteken dimasukin lagi. Tapi makin lama, makin parah sampai gumpalan daging gak bisa dimasukin lagi dan semakin lama semakin besar juga gumpalan dagingnya.

Sampai akhirnya ke momen Januari 2019 yang mana darahnya keluar terus sampe berhari-hari.

Pertanyaan dari dr Syahfreadi itu bener-bener bikin aku sadar kalau aku sudah menahan penyakit ini belasan tahun.

Dr Syahfreadi: “Dari cerita kamu ini, saya sih sudah insting kalau memang kondisinya harus segera di operasi,”

“Yuk periksa dulu”

Setelah diperiksa, aku langsung ditembak saran, sekaligus pertanyaan. “Operasi aja deh. Gimana?”. Waktu itu gak langsung memutuskan buat operasi sih, cuma minta obat nyeri dan surat keterangan sakit buat lampiran izin cuti.

Pas baca surat keterangannya, ditulis “Ambeien Stadium 4”. Alias, emang udah parah banget cooooyyy!!

Salah satu penjelasan dari dr Syahfreadi kenapa aku bisa terus-terusan berdarah adalah karena pembuluh darah di anusku udah rusak. 

Ibarat selang yang ada katupnya, ini katupnya udah rusak sehingga terus menerus keluarin air. Gak sakit, tapi pendarahan terus menerus bisa bahaya.

Setelah pulang dari RS, aku langsung diskusi sama temenku yang juga dokter. Beliau bilang “Iya operasi aja Mey, soalnya itu darah udah keluar terus menerus, takutnya malah nanti anemia”. Hmm bener juga sih memang aku udah darah rendah, pas kejadian ini makin gampang pusing dan lemes.

Akhirnya memutuskan buat ngobrol sama senior-senior di kantor, sambil kisi-kisi “mau izin cuti sakit”. Pas banget dari pulang RS itu, aku mens kan, jadi memutuskan untuk menunda operasi dulu. Seminggu penyiksaan banget tuh, udah mens + ambeien nyeri terus... mau nangis dah pokoknya!

 

Di awal Februari 2019, izin cuti udah ditangan, bismillah kita jadwalin operasi sama dr Syahfreadi.

Jumat sore cek ke dr Syahfreadi, dikasih obat pencahar, dikasih tau mulai puasa jam berapanya. Aku dikasih semacam obat pencahar gitu, tujuannya buat “menghabiskan” dan “membersihkan” isi usus besar. Rasa obatnya super aseeem, bentuknya cair dan agak putih susu kayak air kelapa.

Sabtu pagi dateng ke RS udah bawa baju, sikat gigi, dan perintilan karena harus nginap di RS. Masuk ruangan RS sendirian, semua lancar aja sampai tiba waktunya disuntik bius.

Kebetulan aku suntik biusnya adalah bius epidural yang mematikan rasa dari pinggang ke kaki. Pas disuntik dipunggung itu, deg-degan dan panik banget sampe nangis. Yha maklum namanya juga grogi yes, ngerih kita mau disuntik.

Selama proses operasi, dr Syahfreadi lumayan menghibur sih, beliau nyetelin musik-musik favoritnya, sambil ngejokes ala bapak-bapak gitu. Proses operasi aku menggunakan alat stapler, jadi sistemnya bukan dijahit lagi. Stapler ini memang lebih mahal, karena alatnya sekali pakai. Prosesnya pun lebih mudah karena gak perlu jahit-jahit.

Semua berjalan lancar dan tidak sakit sama sekali, alhamdulillah.

Sekitar jam 3 sorean, selesai operasi aku masih nunggu di waiting room opereasi buat nunggu kamar yang lagi disiapin. Sehabis operasi dan udah kentut, baru deh boleh minum dan makan.

 

Aku stay di RS Jumat malam, sampai Minggu siang aja. Cuma sebentar karena dokter sudah merekomendasikan untuk pulang ke rumah, dan jujur aku agak gak nyaman karena waktu itu sekamar berdua dengan pasien lain.

Senin, Selasa, Rabu masih cuti dan hari Rabu nya konsul ke dokter apakah sudah boleh bekerja? Kata dokter Syahfreadi boleh, jadi Kamis dan Jumatnya aku balik kerja lagi.

Sebelum aku rampung menulis blogpost ini, ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman di Twitter. Jadi aku coba tuliskan disini juga ya.

________________________________

Tanya: Berapa biaya operasi?

Jawab: Tahun 2019 di RS Syarif Hidayatullah biasaynya sekitar 13jt sudah termasuk rawat inap, operasi, dan alat stapler. Alat staplernya sendiri dibanderol 5jt rupiah.

Tanya: Bayarnya pake apa kak?

Jawab: Alhamdulillah pakai fasilitas asuransi dari kantor. Untuk BPJS coba cek aja dulu ya prosesnya gimana.

Tanya: Sakit gak pas operasi?

Jawab: Enggak. Kan dibius. Setelah infus hilang, kurang lebih 12jam mulai terasa sakitnya. Dari angka 1 sampai 10, rasa sakitnya 9 lah ya. Karena saat operasi anus dimasukin kasa, nah pas kasanya itu mau keluar berasa nyes nyes-nya.

Tapi rasa sakit pasca operasi ini gak lebih sakit daripada rasa sakit yang aku pendam selama belasan tahun itu.

Tanya: Sembuh total sampai gak ada rasa sakitnya lagi, kapan?

Jawab: Kebetulan aku orangnya rajin dan nurut sama omongan dokter.

Dokter bilang HARAM makan makanan pedas, aku 3 bulan lebih gak nyentuh sambal atau saos pedes sama sekali. Dokter bilang setiap hari anus diolesin obat, ya aku TIAP HARI olesin obat ke anus.

Di total-total 2 bulanan aku sudah tidak merasa sakit lagi saat buang pup. Yeaay seneng banget alhamdulillah!

Tanya: Penyebab sakit ambeiennya apa?

Jawab: Setiap orang kasusnya beda-beda ya. Di aku karena dari kecil aku susah makan sayur, kurang minum air putih, dan jarang olahraga. Ditambah ketika aku beranjak dewasa, aku suka makan makanan pedas.

Apa hubungannya faktor-faktor tersebut dengan ambeien?

Sayur
Jadi, sayuran terutama yang berdaun itu saat masuk usus dia akan menggumpal menjadi seperti bola. Saat menggumpal dan melewati dinding-dinding usus, dia akan memberikan membersihkan dinding usus sekaligus memberi sinyal sakit perut. Makanya kalau kamu habis makan sayuran berdaun kayak kangkung, daun singkong, atau daun pepaya pasti bentuk daunnya di pup gak bener-hancur.

Karena aku jarang makan sayur, maka aku jarang merasa mules. Pas SD sampai SMP itu aku pup cuma 1x dalam sepekan. Karena gak mules juga, aku terpaksa pup karena perutku udah kembung banget. Saat terpaksa pup, logikanya kita jadi mengejan lebih kecang kan?

Memaksa pup keluar dengan mengejan keras itu bahaya banget karena bisa bikin ambeien kita keluar.

Air putih
Jujur aku awalnya bingung sih pas dokter bilang kurang minum air putih jadi salah satu faktor kena ambeien. Soalnya aku setiap hari selalu minum 2 sampai 3 liter air, sesuai sama saran dari artikel-artikel kesehatan. Tapi kata dokter karena aku ada kondisi khusus yaitu susah BAB, jadi aku harus minum air lebih banyak daripada orang pada umumnya.

Olahraga
Baru tau kan, kalau jarang olahraga jadi salah satu faktor susah BAB?
Jadi kata dokter, ketika kita olahraga memberikan stimulus-stimulus pada tubuh untuk lebih cepat menyerap nutrisi dari makanan yang masuk. Jadi metabolisme lebih cepat dan sisa makanan yang sudah gak ada nutrisinya lagi cepat keluar lewat BAB.

Makanan Pedas
Setelah tiga faktor di atas yang sudah aku lakukan dari kecil, pas masa-masa kuliah aku seneng banget makan pedes-pedes. Kayak pecel ayam yang pedesnya nampol, snack-snack tinggi micin dan pedes gila. Ibaratnya, anus aku udah luka karena 3 faktor sebelumnya, jadi makin parah karena makanan pedas.

Oiya, makanan terlalu pedas itu selain panas dimulut juga bisa bikin perut panas dan anus panas loh. Proses input-output nya sama-sama panas deh.

Tanya: Apakah terlalu lama duduk bisa bikin ambeien?

Jawab: Kurang tau. Tapi di kasus aku yang udah terlanjur sakit, terlalu lama duduk memperparah masalahnya. Apalagi aku gendut kan, jadi tekanan terhadap ambeien saat duduk lebih besar.

Saran dari dokter untuk aku, setiap habis pup yang sakit jangan langsung duduk dulu. Tapi rebahan sambil tengkurap 15 sampai 20 menit.

____________________________

Akhir kata dari aku, buat kamu yang lagi galau mau cek ambeien:

Cek aja. Jangan malu buat cek kesehatan diri sendiri ya.

 

Semoga kamu sehat-sehat selalu.

With love, Mey


  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

terimakasih banyak :)