Tips Supaya Kulit Tidak Belang

By Meylisa Agustina - 6:26 AM


Heyho everibebih!!

Ngerasa ga sih akhir-akhir ini mataharinya semakin terik? Walaupun udaranya ga panas, tapi terpaan sinar matahari itu yang sering bikin misah-misuh ga karuan. Apalagi akhir Desember 2015 lalu pas aku lagi sibuk-sibuknya urus skripsi, kesana-kemari naik motor sukses bikin telapak tangan, kaki, dan wajahku jadi lebih gelap. Saking hitamnya, foundation sama bedak aku warnanya jadi keputihan L sedih deh pokoknya.

Sinar matahari pagi dari jam 6 sampai jam 9 (katanya) sih bagus untuk kesehatan tubuh. Makanya banyak ibu-ibu yang menjemur anaknya di pagi hari dengan alasan sinar matahari pagi kaya akan vitamin D yang bagus untuk tulang. Aku juga suka banget sama sinar matahari pagi. Biasanya kalau pagi-pagi aku buka jendela kamar, jendela rumah dan pintu rumah lebar-lebar. Tujuannya agar sirkulasi udara di ruangan bisa berganti dan cahaya matahari masuk untuk “membakar” bakteri jahat di udara ruangan.

(Penting dicatat untuk anak-anak kosan atau yang lagi cari rumah, banyak banget penyakit yang bisa datang akibat buruknya sirkulasi udara lho L Aku pribadi menyarankan untuk kontrak/ngekos/beli rumah yang sirkulasi udaranya bagus, dan dekat dengan arah sinar matahari)


Nah, diatas jam 9 pagi matahari mulai terik dan ga bagus lagi buat kulit. Selain bikin warna kulit menggelap, sinar matahari bisa bikin kena penyakit kanker kulit dan penuaan dini lho! Efek sinar matahari ini memang ga langsung dirasakan sih, tapi kalau lama-lama bertumpuk bahaya juga buat kulitmu.


Oh iya, sinar matahari ternyata juga memancarkan dua gelombang UV lho. UV A yang gelombangnya panjang mampu menembus awan, bahkan jendela ruangan lho. Jadi walaupun kegiatanmu masih di dalam ruangan, gelombang UV A ini masih bisa menembus masuk kena kulitmu. UV A juga bisa menyerap sampai ke lapisan kulit dermis. Sementara, UV B gelombangnya lebih pendek tidak mampu menembus awan ataupun ke ruangan. UV B juga hanya mampu menyerap ke lapisan epidermis saja.








Pernah ga kamu seharian lagi hepi-hepi di pantai, eh terus kulitmu jadi memerah kayak udang rebus? Yep, ini akibat kulitmu kebanyakan kena UV B nih! Ga cuma bikin kulit terbakar, tapi sinar UV B juga bisa bikin penuaan dini dan kerutan di wajah.

Terus gimana caranya biar ga belang atau kulit menggelap?



Berangkat Lebih Pagi

Berhubung rumah aku di daerah Tangerang Selatan dan kemana-mana naik bus, haram hukumnya berangkat satu jam sebelum waktu acara. Bisa telat cyin. Misal ada acara blogger di Jakarta jam 12 siang, aku biasa berangkat jam 10 pagi dari rumah. Cuma karena jam 10 pagi itu mulai panas, lantas aku berangkat jam 9 pagi aja. Emang sih kalau berangkat jam 9 pagi itu masih berdesakan sama orang kantoran, tapi jelas lebih baik daripada panas-panasan.

Pakai Payung atau Topi


Berhubung aku kemana-mana naik bus, wajib hukumnya bawa topi ataupun payung. Yang paling sering sih pakai topi ya, soalnya lebih praktis tinggal dipakai di atas kepala. Tapi kalau lagi berkendara motor, aku biasanya pakai helm, masker wajah, sarung tangan, kas kaki dan sepatu keds. Perabotan-perabotan kayak gini mungkin kesannya sepele, tapi membantu banget kalau kamu ga mau kulitnya belang. Jujur aku sendiri masih suka males sih pakai perabotan lengkap, apalagi kalau udah buru-buru, pasti lupaaaa deh pakai sarung tangan dan sepatu tertutup. Hasilnya? Kulitku belang >.<

Gunakan Sunscreen atau Sunblock



Bedanya sunscreen dan sunblock adalah; sunscreen biasanya teksturnya lebih ringan karena berbahan dasar air dan dapat digunakan sehari-hari, sementara sunblock teksturnya lebih berat dan lebih cocok digunakan saat berenang atau main di pantai.

Dua hal yang mesti kamu perhatikan sebelum membeli sunscreen atau sunblock adalah kandungan SPF dan PA-nya. SPF atau Sun Protecting Factor adalah satuan nilai kandungan yang melindungi kulitmu dari UV B. Sementara PA, adalah satuan nilai kandungan untuk perlindungan UV A. Biasanya aku pakai SPF 20/30 PA ++ aja sih kalau buat sehari-hari, tapi kalau lagi mobile kesana-sini berkendara motor aku pakai yang SPF 50 PA+++.

Makin banyak kamu berada di luar ruangan, makin tinggi pula SPF dan PA yang kamu butuhkan.

Untuk sehari-hari aku menggunakan Skin Aqua UV Moisture Milk SPF50 PA+++, atau Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA ++, atau Wardah Sunscreen Gel SPF 30. Dulu sih pakainya Skin Aqua, terus sempet ganti ke Wardah, akhirnya balik ke Skin Aqua yang ada PA++nya. Kadang aku bawa Skinfood Aloe Suns Mist SPF kalau kegiatanku banyak di luar ruangan. Si Skinfood Sun Mist ini gampang banget pakainya, tinggal semprot-semprot ke wajah, tepuk-tepuk dikit udah deh. Kalau sunblock, aku pakai Innisfree Eco Safety Protective Waterproof Sunblock, produk ini waterproof, jadi cucok dipakai buat berenang :D

Asal mau repot, sebenernya ga perlu takut-takut amat sama matahari lho. Apalagi kalau sampai terhalang aktivitasmu cuma karena takut matahari >.< sekian tips dari aku ya, semangat selalu everibebih! Kiss kiss~~~


Follow me! on: Twitter | Instagram | G+ 


  • Share:

You Might Also Like

10 komentar

  1. Betul banget, kalau naik motor perlengkapan harus lengkap. Terik matahari di Bali itu, 10 menit aja bisa jadi belang loh. Panas banget di sini sekarang. -__-


    vinasaysbeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. masih tahap pencarian sunscreen yang disemprot nih, thx forshare ka :D

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. aku juga pake yang skin aqua uv moisture gel, selang seling sama biore uv essence. penasaran juga sama innisfree :)

    ReplyDelete
  4. sunscreen ya sama kayak aku. Wardah ini enaaak banget, aku cocok dan murce. setujuu bgt sama kamu, gak perlu takut sama matahari yg penting kita udah cover pakai produk yg aman. skin aqua oke, tp bikin muka aku super berminyak, akhirnya pakenya dikiiiiiittt bgt..

    thanks for sharing

    http://alsheilaaa.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sunscreen emang semua gitu ka pasti bikin kulit berminyak hehehe

      Delete
  5. Aku belum punya sunscreen buat daily :(
    Kak Mey kulitnya berminyak ga? Buat yang berminyak bagusan skinaqua yang gel apa yang milk ya? x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakek yang gel aja :D soalnya yang gel itu emang buat kulit oily

      Delete
    2. Skinfood Sun Mist kayaknya praktis ya, semprot langsung jadi. *males ribet*

      Aku tipikal orang yang gampang banget kulitnya kering dan cepat kusam kalo terkena sinar matahari. Baca blogpost ini seakan diingetin lagi deh supaya lebih rajin apply sunscreen ya kalo keluar rumah :')

      Delete

terimakasih banyak :)